Untuk Indonesia

Pemkot Luncurkan Program Perpustakaan Keliling, Ini Lokasinya

Dulohupa.id– Pemerintah Kota Gorontalo meluncurkan program perpustakaan keliling. Program ini untuk membangkitkan kembali minat baca warga Kota Gorontalo. Program ini sendiri merupakan salah satu gagasan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo.

Berkonsep mobile, Perpustakaan keliling rancangan Pemerintah Kota Gorontalo itu, menggunakan sarana mobil yang disulap menjadi rak-rak buku. Tak hanya itu, Mobil ini juga menyediakan meja dan kursi serta penerangan.

Kehadiran mobil perpus sendiri cukup menarik perhatian warga Kota Gorontalo. Terutama para kaum milenial. Hal ini seperti yang terlihat saat Mobil Perpus keliling ini berhenti dan mangkal di Taman Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Tengah, Kota Gorontalo. Tak butuh waktu lama, Sejumlah warga terutama para anak muda langsung mendekati mobil itu.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Salut dengan Kinerja Wali Kota Gorontalo dalam Tangani COVID-19

“Perpustakaan keliling merupakan program rutin kami, guna mendekatkan pelayanan masyarakat.” ujar Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kota Gorontalo Sutarto.

Namun mengingat kondisi pandemi, Sutarto mengungkapkan, Ia tetap melakukan sejumlah pembatasan kepada warga yang datang ke Perpustakaan keliling itu. Salah satunya dengan menerapkan sistem antrian bagi setiap pengunjung.

“Kita biasanya melihat situasi cuaca, bisa jadi kita buka pagi, siang ataupun malam hari ” jelasnya.

Program perpustakan keliling juga, menurut Sutarto tidak hanya bertumpu di satu tempat saja, tetapi dilakukan secara mobile.

Kedepannya, sutarto akan lebih mengintensifkan lagi program tersebut, dengan menyasar wilayah di pelosok kota.

” Semoga program ini bisa memberikan manfaat bagi warga kota Gorontalo, dalam meningkatkan minat baca, dan literasi di kota Gorontalo,” ujarnya.

Baca Juga:  Jika Tak Patuhi Protkes Covid-19, Gaji ASN dan Honorer di Kota Gorontalo Dipotong

 

Reporter: Yusuf Konoli

Comments are closed.