Komunitas Penyelam Peringati Hari Patriotik 23 Januari di Lokasi Wisata Hiu Paus

oleh -334 Dilihat
Wisata Hiu Paus
Penyelam membentangkan spanduk peringatan hari Patriotik 23 Januari di Loaksi wisata Hiu Paus/IS

Dulohupa.id – Sejumlah Komunitas penyelam dan lingkungan memperingati hari patriotik 23 Januari 1942 yang ke-81 dengan membentangkan spanduk di bawah laut wisata hiu paus Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Wisata Hiu paus Botubarani merupakan salah satu destinasi wisata yang telah dikenal oleh masyarakat luas akan keindahan dan keunikan yang terdapat didalamnya. Olehnya dengan momentum hari patriotik Gorontalo, membuat Komunitas yang ada di Gorontalo menunjukan refleksi semangat kemerdekaan dan kepeduliannya terhadap Gorontalo dengan melakukan sejumlah kegiatan yang bermanfaat.

Simak Videonya: Komunitas Penyelam Peringati Hari Patriotik 23 Januari di Lokasi Wisata Hiu Paus

Kegiatan pembentangan Sepanduk dibawah laut melibatkan dari Dinas Perikanan Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango dan Komunitas-Komunitas yang ada di Gorontalo.

Sukirmam Tilahunga sebagai bidang monitoring Hiu Paus, Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango yang juga sekaligus sebagai anggota Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk edukasi dan mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah membawa kemerdekaan untuk Gorontalo.

Selain itu Sukirman mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, turut dilakukan pembersihan pantai dan pengumpulan sampah-sampah plastik yang ada di bawah laut wisata hiu paus Botubarani.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan pantai dan bawah laut dari sampah, sehingga dapat meminimalisir pencemaran yang berdampak pada kehidupan biota laut dan ekosistem didalamnya.

“Disamping itu juga, ini adalah bentuk untuk mempromosikan wisata hiu paus ke khalayak umum. Tadi kami juga mengibarkan Bendera merah putih di bawah laut botubarani. Itu adalah simbolis nasionalisme bahwa kita sangat menghargai jasa para pahlawan terdahulu,” Tandas Sukirmam Tilahunga.

Kegiatan-kegiatan tersebut senantiasa melibatkan Komunitas Freedive Gorontalo dan Tim Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Wiker Gorontalo. Baik dari segi persiapan maupun pelaksanaan aksi penyelaman dalam kegiatan tersebut. Sehingga sinergitas yang terbangun antara Komunitas dan stakeholder lainnya dalam menjaga kelestarian ekosistem laut telah terbangun sangat erat dan harmonis dalam memberikan yang terbaik untuk Gorontalo.