Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMPROV GORONTALO

Ismail Pakaya Resmi Dilantik Penjabat Gubernur Gorontalo, Ini Profilnya!

601
×

Ismail Pakaya Resmi Dilantik Penjabat Gubernur Gorontalo, Ini Profilnya!

Sebarkan artikel ini
Ismail Pakaya
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan istri Fima Agustina foto bersama dengan anak, menantu dan tiga cucunya usai mengikuti pelantikan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta. Foto: Diskominfotik

Dulohupa.id -Ismail Pakaya resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/5/2023). Ismail menggantikan Penjabat sebelumnya Hamka Hendra Noer.

Ismail Pakaya lahir di Gorontalo 13 Januari 1968. Ismail menamatkan sekolah di SDN Bube Suwawa, SMPN Kabila dan SMAN Suwawa. S1 Peternakan Umum ia tamatkan di Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah dan S2 di Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara.

Ismail Pakaya merintis karier birokrasi mulai 3 Januari 1993 sebagai CPNS di Departemen Koperasi, PK dan M di Kabupaten Buol Tolitoli, Sulawesi Tengah. Hampir tujuh tahun di situ, ia pindah tahun 2000 ke Departemen Koperasi PK dan M Kabupaten Gorontalo, Sulawesi Utara (kala itu belum Provinsi Gorontalo).

Sebelas tahun di Kabupaten Gorontalo Ismail mencapai jabatan tertingginya sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo di tahun 2011. Selang periode itu ia sudah gonta ganti jabatan sebagai Kepala Bagian Ekonomi, Kepala Bagian Keuangan, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan hingga Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Gorontalo.

Tahun 2016 Ismail Pakaya mencoba peruntungan di Kabupaten Pohuwato sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Dua tahun di ujung Barat Gorontalo, tahun 2018 ia pindah ke Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI sebagai Analis Perencanaan Umum.

Karier suami dari Fima Agustina, SH, MKN itu semakin melejit kala menjabat Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Kemenaker RI pada 31 Januari 2019. Pada 6 April 2021 hingga sekarang ia dipercaya sebagai Staf Ahli Bidang Sosial, Politik dan Kebijakan Publik, Kemenaker RI.

Pasangan Ismail Pakaya dan Fima Agustina memiliki dua orang anak yakni Alif Furqon Pakaya dan Faurin Furqon Pakaya. Tiga orang cucu yakni Ghani Evarado Darian, Giovano Elvrado Darian, Graziella Elena Darleen.

Adv/Diskominfotik