Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Hardiknas Ditengah Pandemi, Semangat dan Kreatifitas Guru Diuji

Dulohupa.id– Momen Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) tahun ini benar-benar terasa berbeda bagi semua stakeholder pendidikan di Indonesia. Utamanya bagi para guru, yang merupakan ujung tombak pengembangan dunia pendidikan di negara ini. Ditengah hantaman Pandemi Covid-19 saat ini, mau tidak mau, para guru dituntut harus tetap kreatif dan semangat untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada anak didiknya.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo, Zubair Pomalingo, saat dimintai tanggapannya terkait penerapan pembelajaran Online di Kabupaten Gorontalo. Zubair mengatakan, sejak Pandemi Covid-19 melanda Gorontalo, penerapan pembelajaran Online untuk semua jenjang pendidikan di Kabupaten Gorontalo terus dimaksimalkan.

“Sejak Pandemi Covid-19 melanda daerah kita, tenaga pengajar di Kabupaten Gorontalo tetap melaksanakan tugasnya dengan baik,” ujarnya

Namun demikian menurut Zubair, untuk wilayah Kabupaten Gorontalo yang kesulitan untuk menerapkan proses belajar online, Guru tetap memaksimalkan proses pembelajaran dengan memberikan tugas kepada setiap siswa setiap 10 hari sekali.

,”Seiring dengan hari pendidikan nasional tanggal 2 mei kemarin, saya cuman minta para guru agar tetap semangat menjalankan tugas,” Ujarnya.

Sementara itu, untuk mengganti kegiatan pesantren Ramadhan yang biasanya dilaksanakan di bulan Ramadhan. Zubair mengatakan, para siswa khususnya siswa SD dan SMP beragama muslim , diminta untuk menghafal Juz 30 Al-Quran, meski tidak diwajibkan untuk menghafalkan keseluruhan ayat yang ada dalam juz 30 itu.

.”Teknisnya, para siswa menghafal ayat-ayat al-quran ini di rumah masing. Program ini juga sudah kita sampaikan kepada pak Bupati Nelson Pomalingo,” pungkasnya. (ADE)