Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Gubernur: Jangan Tanam Jagung di Lereng Kemiringan Diatas 15 Persen

Dulohupa.id– Tingginya aktivitas pertanian jagung di daerah pegunungan kembali disoroti oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, disela penyerahan bantuan benih jagung, kepada masyarakat di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo. Rusli mengungkapkan, sebagian besar petani yang melakukan aktivitas pertanian, khususnya komoditas jagung, menggunakan lahan yang berada di kemiringan lebih dari 15 persen. Sehingga menimbulkan tingginya tingkat erosi tanah, yang salah satu akibatnya adalah datangnya bencana banjir dan tanah longsor.

“Saya ingatkan kepada penerima bantuan benih untuk tidak menanam jagung di lereng yang kemiringannya sudah di atas 15 persen,” ujar Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Minggu (28/6)

Lebih lanjut Rusli menjelaskan, larangan tersebut merupakan upaya pelestarian alam yang menjadi salah satu program unggulan Pemprov Gorontalo yaitu lingkungan yang lebih lestari. Rusli juga menambahkan, larangan tersebut juga bertujuan untuk menghindari terjadinya bencana tanah longsor dan banjir akibat pembukaan lereng gunung untuk lahan pertanian.

“Longsor dan banjir yang terjadi di mana-mana karena lereng gunung sudah habis ditanami jagung. Di lereng gunung itu tolong diganti dengan pohon keras seperti cengkeh dan pala atau tanaman keras lainnya, bibitnya kami siapkan,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan benih jagung kepada masyarakat di Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Minggu (28/6). Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada kegiatan bakti sosial NKRI Peduli.

Di tahun 2020, Pemprov Gorontalo mengalokasikan bantuan benih jagung untuk Kabupaten Gorontalo seluas 35.565 hektar. Khusus di Kecamatan Tolangohula, bantuan benih jagung untuk lahan seluas 2.268 hektar.

Dalam kegiatan itu, Rusli Habibie yang juga didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, juga membagi-bagikan masker kepada masyrakat. Rusli juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun. (*DP-02)