Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

BPOM Gorontalo Gagalkan Penyeludupan Cap Tikus yang Ditutupi Sayur Kol

Dulohupa.id – Penyeludupan minuman keras (miras) jenis cap tikus ke Gorontalo dilakukan dengan pelbagai cara. Namun bagaimanapun modusnya, petugas razia di setiap perbatasan mampu mengendusnya. Seperti pada razia yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo bersama Korem 133 Nani Wartabone, yang berhasil mengungkap modus penyeludupan cap tikus dengan menutupinya dengan sayur kubis ata kol, kemarin sore, Minggu (23/8)

“Ini (miras) masuk ke Gorontalo dengan dimasukan ke dalam truck dan ditutupi dengan sayuran. Kalau kita lihat (truck) penuh dengan sayur kubis,” kata Yudi Noviandi, Kepala BPOM Gorontalo saat diwawancarai di kantornya pagi tadi, Senin (24/8).

Lebih rinci Yudi mengatakan, bahwa modus dari penyeludupan miras seberat 4 ton itu disadari oleh tim intelkam Korem 133 Nani Wartabone, sebab mobil penyeludupnya melaju dengan kondisi oleng, “mungkin karena tonasenya berubah karena bermuatan berat. Akhirnya kami (hentikan), dibongkar dan ditemukan berisi cap tikus,” kata Yudi.

Sebetulnya kata dia, miras ini memang tidak diseludupkan untuk diedarkan di Gorontalo. Karena miras sebanyak 50 karung itu akan dibawa ke wilayah Kalimantan. Hanya saja, melalui wilayah darat Gorontalo.

Baca juga : Asik Pesta Miras, 5 Remaja  Diamankan Satpol-PP Kabupaten Gorontalo

“Karena nanti di (kota) Palu, (Sulawesi Tengah), akan diangkut menggunakan kapal very menuju ke Kalimantan,”

Adapun saat ini, para pelaku baik sopir dan penumpang truck, sedang diintrogasi untuk dimintai keterangan.

“Saat ini para pihak yang terlibat, baik sopir maupun penumpang, sementara di-BAP. Kami akan melihat sejauh mana proses pelanggaran ini, dan nanti tindakannya apa nanti kepada pelaku,” tutup Yudi. **

Reporter : Jebeng