Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMPROV GORONTALO

Wagub Lepas Ekspor 10,8 Ton Udang Vaname ke Jepang

40
×

Wagub Lepas Ekspor 10,8 Ton Udang Vaname ke Jepang

Sebarkan artikel ini

Dulohupa.id – Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim melepas ekspor perdana udang vaname oleh PT. Indosukses Mandiri Abadi di Gudang Beku Terintegrasi Desa Molawahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (15/7/2020). Sebanyak 10,8 ton udang vaname diekspor ke Jepang dengan nilai ekspor mencapai Rp1,4 miliar.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo saya melepas ekspor perdana udang vaname PT. Indosukses Mandiri Abadi dengan tujuan ke negara Jepang,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, Provinsi Gorontalo memiliki potensi areal budidaya air payau seluas 16.713 hektare yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Pohuwato, Boalemo, dan Gorontalo Utara. Dikatakannya, dengan potensi areal yang luas serta terbukanya pasar ekspor, harus bisa dimanfaatkan oleh petani tambak untuk meningkatkan produksi udang vaname dengan sentuhan teknologi.

“Saya pernah mencoba menebar benih udang vaname tapi tidak berhasil. Oleh karena itu saya berharap kepada PT. Indosukses Mandiri Abadi untuk membina petambak di Gorontalo dengan memanfaatkan teknologi tepat guna agar produksinya bisa meningkat,” ucap Idris.

Lebih lanjut Wagub Gorontalo dua periode itu mengapresiasi kesungguhan PT. Indosukses Mandiri Abadi dalam mengembangkan budidaya udang vaname di Gorontalo. Idris menilai, kesungguhan itu dibuktikan dengan keberhasilan perusahaan tersebut mengekspor udang vaname meski baru mulai beroperasi dan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo pada bulan Mei 2020.