Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Sosialisasi Coklit PIlkada 2020, Data Pemilih Bisa Dicek Secara Online

Dulohupa.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango terus mematangkan kesiapan pelaksaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Terkait pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) tahapan pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih, KPU menggelar Gerakan Klik Serentak (GKS) yang dilaksanakan serentak se-Indonesia, Rabu (15/7).

“Ini serentak dilaksanakan di 309 daerah Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak Lanjutan,” kata Komisioner KPU Bone Bolango, Sofyan Djama, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut Sofyan mengatakan, GKS ini sejatinya mengajak masyarakat untuk mengunjungi laman website lindungihakpilihmu.kpu.go.id yang bisa diakses melalui android.

“Melalui GKS ini, nantinya masyarakat dapat lebih mudah mengecek namanya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum,” ucap Sofyan.

Sementara itu, anggota Komisioner KPU Bone Bolango Humairoh U. Tipuwo menambahkan, pelaksanaan Gerakan Klik Serentak pada 15 Juli, akan dipantau KPU RI. Dan nantinya KPU akan mengumumkan masyarakat di daerah mana yang paling banyak mengunjungi laman website tersebut.

“Nah, KPU di daerah diminta untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat tentang GKS ini, karena ini nantinya akan dipantau KPU RI,” jelas Humairoh.

Setelah pelaksanaan GKS,  KPU juga akan menggelar Gerakan Coklit Serentak yang akan digelar tanggal 18 Juli hingga 13 Agustus.

Pelaksanaan GCS ini kata Humairoh, dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah  masyarakat pemilih untuk melakukan pendataan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan menggunakan Alat Pelindung Diri. (*/DP-02)