Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOPEMPROV GORONTALO

Tim Replikasi Desa Anti Korupsi di Gorontalo Dibentuk

20
×

Tim Replikasi Desa Anti Korupsi di Gorontalo Dibentuk

Sebarkan artikel ini
Desa Anti Korupsi
Tim Replikasi Desa Antikorupsi Provinsi Gorontalo saat melakukan monitoring di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, yang terpilih sebagai desa percontohan antikorupsi tingkat nasional tahun 2023. Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Surat Keputusan Gubernur Gorontalo Nomor 237/8/VI/2024 membentuk Tim Replikasi Desa Anti korupsi di Provinsi Gorontalo periode 2024-2027. Sebagai tugas awal tim replikasi desa anti korupsi itu melakukan monitoring di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, yang terpilih sebagai desa percontohan anti korupsi tingkat nasional tahun 2023, Kamis, (4/7/2024).

Plt. Inspektur Provinsi Gorontalo Hasan Huradju selaku anggota tim menyampaikan, kegiatan monev desa anti korupsi ini merupakan tindak lanjut dari hasil penilaian KPK RI yang memilih salah satu desa di Kabupaten Gorontalo, yaitu Desa Tabongo Timur. Di mana desa tersebut dijadikan sebagai desa percontohan antikorupsi tingkat nasional dengan kategori istimewa yang mengantongi nilai 91. Olehnya, yang dilihat sudah sejauh mana penerapan desa antikorupsi yang sudah dinilai pada tahun 2023 itu dipertahankan, dan masih tetap dilaksanakan hal-hal terkait dengan penerapannya.

“Jadi insyaAllah tahun ini kami sudah menyurat ke kabupaten/kota, untuk meminta usulan desa yang akan diusulkan menjadi desa antikorupsi untuk tahun 2024,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Tabongo Timur Hariyanto Ismail menyampaikan, prestasi yang telah diraih di tahun 2023, menjadi terbaik 1 tingkat Provinsi Gorontalo dan di tingkat nasional terbaik IV kategori istimewa, akan terus dipertahankan. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan tim replikasi desa antikorupsi yang terdiri dari tiga OPD dilingkup pemerintah provinsi itu.