Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tanaman Rusak Dihantam Banjir, Petani di Bone Bolango Kecipratan Bantuan Benih Jagung

Dulohupa.id– 204 orang petani di Kabupaten Bone Bolango, mendapatkan bantuan benih jagung dari Pemerintah Provinsi Gorontalo. Hal ini setelah sebelumnya dilaporkan mengenai rusaknya ratusan hectare sawah milik para petani, yang rusak akibat dihantam banjir bandang, yang belum lama ini merendam sejumlah kecamatan di Kabupaten Bone Bolango.

“Kami sudah menyalurkan benih jagung ke seluruh petani di Gorontalo. Tetapi karena di Bone Bolango ini ada yang rusak akibat banjir, benihnya kami ganti lagi,” kata Gubernur Rusli Habibie dalam sambutannya di Kecamatan Suwawa Tengah, kabupaten Bonebol, Kamis (2/7).

Luas lahan tanaman jagung yang terkena dampak banjir bandang di Kabupaten Bonebol seluas 118,6 hektar. Di Kecamatan Suwawa Timur lahan jagung yang rusak seluas 11,5 hektar, Suwawa Tengah 14,75 hektar, Suwawa 10,5 hektar, dan Suwawa Selatan 47,55 hektar. Kerusakan tanaman jagung juga terjadi di Kecamatan Kabila seluas 16,2 hektar dan Botupingge 18,05 hektar.

Total yang memperoleh bantuan benih jagung pengganti sebanyak 204 petani. Sementara bantuan reguler benih jagung yang dialokasikan dan sudah disalurkan Pemprov Gorontalo melalui Dinas Pertanian di Kabupaten Bonebol tahun ini seluas 6.500 hektar.

“Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan petani. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 para petani harus tetap produktif,” ujar Gubernur Gorontalo dua periode itu.

Pada bakti sosial NKRI Peduli tersebut Pemprov Gorontalo juga menyalurkan bantuan bahan pokok bersubsidi bagi warga yang terkena dampak banjir bandang. Khusus di enam kecamatan di Kabupaten Bonebol, jumlah korban banjir bandang yang menerima bantuan pangan sebanyak 2.175 keluarga penerima manfaat. (*/DP-02)