Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALOPERISTIWA

Ribuan Jiwa Warga Kota Gorontalo Terdampak Banjir

85
×

Ribuan Jiwa Warga Kota Gorontalo Terdampak Banjir

Sebarkan artikel ini
Warga Gorontalo Banjir
Kondisi Banjir di Kelurahan Bugis, Kecamatan DUmbo Raya, Kota Gorontalo. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Ribuan jiwa warga terdampak banjir yang melanda Kecamatan Kota Timur dan Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, Kamis (20/06/2024).

Hal ini disampaikan oleh Pj Walikota Gorontalo, Ismail Madjid saat meninjau langsung lokasi yang terdampak banjir.

“Untuk data sementra itu, ada 500 (KK) yang terdampak langsung, dari BPBD ada kurang lebih seribu lebih jiwa yang terdampak,” ujar Ismail kepada awak media.

Dari ribuan masyarakat yang terdampak banjir tersebut, ratusan warga telah mengungsi ke posko-posko pengungsian yang telah di sediakan. Sebagian besar korban banjir berasal dari Kelurahan Bugis, Kota Gorontalo karena menjadi lokasi terparah terdampak banjir.

Hingga saat ini, pemerintah terus berupaya untuk membantu para korban yang terdampak banjir akibat luapan air sungai serta jebolnya tanggul sunggai Bone yang berada di hilir.

“Kita sudah siapkan makanan yang mungkin sekarang sedang di distribusi. Insya Allah ini mungkin dari BPBD provinsi maupun kota siap untuk membantu,” jelas Pj Walikota Gorontalo.

Terakhir, Ismail berharap agar masyarakat yang tidak terdampak banjir bisa dapat berpartisipasi saling membantu atas kejadian tersebut.

“Kami harapkan peran partisipasi masyarakat, keterbatasan pemerintah memang baik dari personil termasuk peralatan makanya dikondisi seperti itu kita berupaya untuk saling membantu,” tutup Ismail Madjid.

Sementara Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kota Gorontalo Gorontalo, Mahmud Baderan mengatakan, terdapat dua titik lokasi pengungsian yakni di SDN 38 dan SDN 41 Hulonthalangi.