Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEPERISTIWA

7 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi JUT, Salah Satunya Mantan Bupati Boalemo

397
×

7 Orang Ditetapkan Tersangka Korupsi JUT, Salah Satunya Mantan Bupati Boalemo

Sebarkan artikel ini
Bupati Boalemo Korupsi
Mantan Bupati Boalemo, Darwis Moridu (topi putih) bersama tersangka lainnya saat digiring polisi. Foto: Yayan/Dulohupa

Dulohupa.id – Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo tetapkan 7 orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Jalan Usaha Tani (JUT) Dinas Pertanian Kabupaten Boalemo tahun anggaran 2019. Salah satu tersangkanya merupakan mantan (eks) Bupati Boalemo periode 2017-2022, Darwis Moridu.

Melalui konferensi pers, Kamis (20/6/2024), Kasubid Dirkrimsus Divisi 3 Polda Gorontalo, Kompol Tumpal Alexander mengatakan bahwa ke 7 orang diduga melakukan perbuatan melawan hukum.

“Yang mana jumlah dari 42 paket pekerjaan, nilai kontraknya kurang lebih sebesar Rp6,6 miliar kemudian setelah dihitung kerugian keuangan negara sebesar 2,4 miliar,” ujar Kompol Tumpal kepada awak media.

Kata Kompol Tumpal, dari ke tujuh orang tersangka tersebut dua diantaranya tidak bisa hadir. Dimana satu tersangka sedang ditahan dalam kasus yang lain dan yang satunya sedang dalam kondisi sakit.

“Kemudian perlu kami sampaikan, dari kerugian Negara 2,4 miliar itu kami juga telah melakukan penyitaan terhadap uang senilai Rp525 juta sekian, termasuk kami juga menyita satu aset property berupa satu unit rumah beserta sertifikatnya,” jelas Kompol Tumpal.

Suasana konferensi pers terkait kasus korupsi jalan usaha tani yang melibatkan mantan Bupati Boalemo. Foto: Yayan/Dulohupa

Menurutnya, terkait kasus korupsi masih terus dilakukan penyidikan lanjut, jika berkas perkara telah lengkap maka akan dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

“Kasus ini kita mulai penyelidikan di tahun 2020,” ucap Kompol Tumpal.