Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEKOTA GORONTALOPEMKOT GORONTALO

Pemkot Gorontalo Sediakan 2 Posko Pengungsian untuk Korban Banjir

50
×

Pemkot Gorontalo Sediakan 2 Posko Pengungsian untuk Korban Banjir

Sebarkan artikel ini
Pengungsian Banjir Gorontalo
Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Mahmud Baderan. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo sediakan 2 posko pengungsian untuk warga yang terdampak banjir di kecamatan Dumbo Raya dan Kota Timur, Kamis (20/6/2024).

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo, Mahmud Baderan mengatakan, terdapat dua titik lokasi pengungsian yakni di SDN 38 dan SDN 41 Hulonthalangi.

Pemerintah Kota Gorontalo juga tengah mempersiapkan dapur umum dan keperluan lainnya untuk kebutuhan korban banjir.

“Di posko pengungsian banjir Kota Gorontalo itu ada dua tempat. Jadi di SDN 38 Kecamatan Hulonthalangi, sekarang sudah mengungsi, 48 KK atau 172 jiwa dan SDN 41 Kecamatan Hulonthalangi itu ada 7 jiwa,” ujar Mahmud kepada Dulohupa.

Kondisi Banjir di Kelurahan Bugis, Kecamatan DUmbo Raya, Kota Gorontalo. Foto/Dulohupa

Mahmud menuturkan, dua kecamatan terdampak banjir berada di 5 kelurahan masing-masing kelurahan Bugis, Tenda, Botu, Talumolo dan Kelurahan Padebuolo. Menurutnya, banjir juga terjadi adanya air kiriman dari wilayah kabupaten Bone Bolango. Lokasi terparah banjir berada di Kelurahan Bugis, dimana data sementara 500 kepala keluarga terdmapak banjir.

Ia menyebut banjir terjadi hari ini itu akibat curah hujan yang tinggi dan sudah ada peringatan dari BMKG.

“Di Gorontalo ini termasuk awas terhadap banjir karena curah hujan tinggi. Memang sejak kemarin hujan lebat seharian sampai malam. Di hulu juga hujan lebat. Banjir ini juga adanya air kiriman dari bone bolango. Banjir juga karena luapan sungai bone. Informasi dari hulu sana, cuaca sekarang masih mendung,” tutur Mahmud.