Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMPROV GORONTALO

PUPR Sosialisasikan SIJAKON Dengan Kabupaten Kota Secara Virtual

53
×

PUPR Sosialisasikan SIJAKON Dengan Kabupaten Kota Secara Virtual

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba saat memberikan sambutan pada sosialisasi sistem informasi jasa konstruksi (SIJAKON) dengan Dinas PUPR Kabupaten dan Kota secara virtual, di ruang Huyula kantor gubernur, Rabu (29/7/2020)

Dulohupa.id – Dinas PUPR Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi sistem informasi jasa konstruksi (SIJAKON) dengan Dinas PUPR Kabupaten dan kota secara virtual, Rabu (29/7/2020). Selain dihadiri kepala Dinas PUPR, kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo itu juga dihadiri 42 perwakilan asosiasi Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas PUPR, Handoyo Sugiharto mengatakan, sosialisasi SIJAKON ini dilaksanakan untuk memfasilitasi, mengkoordinasi, dan sinkronisasi program pembinaan jasa konstruksi yang dilaksanakan oleh instasi dan asosiasi terkait wilayah kerjanya.

Menurutnya, percepatan pembangunan infrastruktur nasional saat ini membutuhkan dukungan pembinaan konstruksi yang lebih masif, terstruktur, dan sistematis. Semakin besar volume pembangunan maka persoalan persoalan yang muncul dalam industri konstruksi akan semakin beragam sehingga tantangan yang dihadapi para stakholder jasa konstruksi pun menjadi lebih kompleks.

Beberapa persoalan yang dihadapi saat ini di antaranya terjadi GAP pembiayaan infrastruktur yang sangat besar dikarenakan terbatasnya kemampuan APBN dan APBD yang diperkirakan hanya mampu menopang 41,3 persen dari kebutuhan.

“Selain itu, banyaknya kecelakaan konstruksi pada beberapa proyek infrastruktur, belum tersedianya sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi, kelembagaan organisasi perangkat daerah yang membidangi jasa konstruksi belum sepenuhnya berjalan serta masih sedikitnya tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat atau yang kompeten sehingga perlu penataan ulang dan pengaturan terhadap sistem sertifikasi,” urai Handoyo.