Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Semangat Guru dan Siswa di Kecamatan Tapa Melawan Arus Sungai Demi Bersekolah di Tengah Pandemi Covid 19

Dulohupa.id – Demi mengajar kepada siswa, sejumlah guru SDN 6 Tapa Kabupaten Bone Bolango, rela menyeberangi sungai saat mendatangi rumah siswa di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Langkah ini diambil oleh guru karena sebagian besar siswa di SDN 6 Tapa tidak memiliki gawai dan tinggal di wilayah yang tidak terjangakau oleh jaringan internet.

Untuk bisa menyeberangi sungai sejumlah guru pun harus di bantu oleh warga setempat agar bisa sampai ke tepi sungai, sementara siswa yang ikut belajar bersama siswa lainnya harus di gendong oleh warga setempat.

guru-sebrangi-sungai-dulohupa.id-3
Dibantu warga seorang Guru SDN 6 Tapa sebrangi sungai. (Foto: Dulohupa.id)

Sejumlah guru ini rela menyeberangi sungai meskipun di tengah ancaman derasnya air. Tidak sampai di situ, usai menyebrangi sungai para guru dan siswa harus melewati medan yang berlumpur saat menuju rumah siswa di Desa Langge.

“ Sebagian besar di SDN 6 Tapa ini orang tua siswa tidak memiliki handphone android (HP), karena di wilayah ini tidak memiliki jaringan internet. Apalagi di kelas jauh, di sana selain tidak memiliki jaringan internet juga tidak ada isntalasi listrik” jelas Kepala Sekolah SDN 6 Tapa, Salma Razak

guru-sebrangi-sungai-dulohupa.id-4
Sejumlah guru SDN 6 Tapa berjalan kaki, lalui jalan berlumpur saat menuju lokasi belajar kelompok yang ada di Desa Langge, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. (Foto: Dulohupa.id)

Tiba di lokasi belajar kelompok, proses belajar mengajar dari guru dilakukan secara bergantian dengan mata pelajaran yang berbeda.

Karena sulitnya medan yang di lewati oleh guru, maka proses belajar mengajar dengan mendatangi siswa dilakukan sekali dalam dua hari, namun jika air sungai tidak bisa dilewati oleh guru, bahan ajar akan di jemput oleh orang tua siswa agar siswa tetap dapat belajar sendiri. (DP-02)