Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kelompok Tani di Pohuwato Terima 1.098 Paket Pangan

Dulohupa.id – Sedikitnya 1.098 paket bahan kebutuhan pokok dibagikan kepada anggota kelompok tani binaan PT. Seger Pangan di  Desa Sipayo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Rabu (29/7/2020). Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim. Rinciannya, beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, dan satu buah masker.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu petani, utamanya di tengah kita menghadapi pandemi COVID-19. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan terima kasih dari perusahaan yang bergerak di bidang pertanian ini kepada para petani jagung,” kata Wagub Idris Rahim.

Idris mengemukakan, keikutsertaan pihak swasta dalam meringankan beban masyarakat yang terkena dampak COVID-19 sangat membantu pemerintah daerah. Oleh karena itu Idris berharap, langkah PT. Seger Sejahtera ini akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Mudah-mudahan pemberian bantuan seperti ini akan disusul oleh pengusaha-pengusaha yang lain. Kalau hanya berharap pada pemerintah, anggarannya sangat terbatas. Butuh kolaborasi, kerja sama, dan sinergitas dari seluruh pihak untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Idris mengimbau para petani untuk tetap bersemangat dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian meski di tengah pandemi. Wagub mengingatkan para petani untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, tidak berkerumun, dan menjaga jarak.

“Selama masih ada COVID-19 gunakan terus masker, rajin cuci tangan apalagi sekembalinya dari kebun, serta jaga jarak. Virus ini belum ada obatnya, in sya Allah dengan mematuhi protokol kesehatan, kita tidak akan terpapar,” tutur Idris.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Seger Pangan Sejahtera Gorontalo, Andika Fernadi Lesmana, menjelaskan, penyerahan bantuan bahan pokok tersebut merupakan kerja sama dengan Insan Triputra melalui program Kami Peduli. Andika menuturkan, melalui pola kemitraan Sahabat Tani, pihaknya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Kami bagian dari Insan Triputra, tergerak untuk meringankan beban petani. Kami percaya, petani merupakan kekuatan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan kita. Melalui Sahabat Tani tujuannya untuk mensejahterahkan petani Gorontalo dan Indonesia,” pungkasnya.