Untuk Indonesia

Pj Gubernur Gorontalo: Kolaborasikan Program, Pohuwato Kita Bangun Bersama 

Dulohupa.id – Dalam kesempatannya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pohuwato, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer yang didampingi istrinya mengaku terkesima dengan apa yang dimiliki oleh daerah yang dijuluki Bumi Panua itu.

“Pohuwato ini bagus, mulai dari sumber daya alamnya, tata kotanya, ini sangat baik dan luar biasa”kata Hendra.

Kedepannya, ia mengharapkan ada program yang membangun secara konstruktif Kabupaten Pohuwato. Lewat kolaborasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

Baca Juga:  Ketum PB PMI Lantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Gorontalo

Sementara itu, Hamka Hendra Noer bersama istri Gamaria Purnamawati Monoarfa langsung disambut adat mopotilolo oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, di Rumah Dinas Jabatan Bupati.

Mopotilolo merupakan rangkaian adat bagi pejabat tinggi negara yang baru pertama kali datang ke wilayah yang ada di Provinsi Gorontalo. Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan gendang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari negeri adat Uduluwo Lo U Limo Lopohala’a (Lima Negeri Adat).

Baca Juga:  Pemprov Gorontalo Jalankan Strategi 4K Kendalikan Laju Inflasi

Rangkaian adat itu diawali, Mopolahu Toutaeya atau mempersilakan turun dari kendaraan, Mopodiyambango (Mempersilahkan melangkah), Mopotupalo (Mempersilahkan masuk kepintu gerbang), Mopobotulo (Mempersilahkan naik tangga adat Tolitihu), Mopotuwoto (Mempersilahkan masuk). (Adv) 

Reporter: Hendrik Gani

Comments are closed.