Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialPEMPROV GORONTALO

Penjagub Ismail Pimpin Hari Amal Bhakti ke-78 di Gorontalo

60
×

Penjagub Ismail Pimpin Hari Amal Bhakti ke-78 di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Hari Amal Bhakti
Suasana pelaksanaan upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementrian Agama RI tingkat Provinsi Gorontalo, Rabu, (4/1/2024). Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo Ismail Pakaya pimpin Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementrian Agama RI tingkat Provinsi Gorontalo. Ismail menjadi Inspektur Upacara pelaksanaan HAB tingkat Provinsi Gorontalo tahun ini yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pohuwato, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, , Rabu, (4/1/2024).

Dalam pidato Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Penjagub Ismail menyampaikan, sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas berat itu adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama,” kata Ismail.

Baca Juga: ASN Pemprov Gorontalo Rangkap Dosen Dilarang Mengajar di Jam Kerja

Melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas lanjut Penjagub, Kementerian Agama terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada semua pihak. Diantaranya penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic University, dan religiousity Index. Tema HAB tahun ini adalah Tahun kerukunan Umat Beragama yang merupakan ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

“Dan hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Menteri Yaqut Cholil meminta seluruh insan Kementerian Agama untuk tidak berpuas diri atas apa yang telah dicapai selama ini. Masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang. Harus selalu mengevaluasi diri karena tugas belum selesai. Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke- 78 Kementerian Agama adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Di tingkat Provinsi Gorontalo sendiri, pelaksanaan HAB dirangkaikan dengan berbagai lomba yang dilaksanakan kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Usai pelaksanaan apel, jajaran Kemenag melaksanakan kegiatan bersih bersih rumah ibadah yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel, Bupati Pohuwato, Penjabat Bupati Boalemo, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, perwakilan unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Adv/Diskominfotik