Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Penanganan COVID-19 Masuk Tema Debat Kandidat di Pilkada Pohuwato

DULOHUPA.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali mengatakan, bahwa penanganan dan pencegahan COVID-19 masuk dalam pembahasan dalam debat kandidat nanti.

Tema tersebut kata Rinto, memang menjadi satu dari tujuh tema yang akan dibahas tuntas pada tahapan debat nanti.

“Tema debat secara umumnya ada tujuh, dan satu di antaranya itu ialah soal COVID-19. Penanganan dan pencegahan memang masuk dalam tema debat kandidat di Pilkada Pohuwato yang akan dimulai tanggal 7 November mendatang,” terang Rinto kepada Dulohupa.id, Senin (2/11/2020).

Kata dia, alasan memasukan tema soal penanganan dan pencegahan COVID-19 dalam sesi debat, adalah untuk mengukur sejauh mana gagasan dari para pasangan calon membuat kebijakan ataupun membuat strategi terhadap penanganan dan pencegahan COVID-19.

“Sesuai dengan juknis debat, ada tujuh tema yang akan dibahas nanti pada saat debat. Dan yang ketujuh itu mengenai tema penanganan dan pencegahan COVID-19, yang dimasukan dalam pembahasan debat kandidat nanti,” tambah Rinto lagi.

Rinto juga menambahkan, saat pelaksanaan debat dilaksanakan nanti, kewajiban mematuhi prokes ialah wajib dilakukan oleh semua peserta ataupun anggota yang hadir.

“Intinya, pelaksanaan pilkada di tengah pandemi harus mematuhi protokol kesehatan karena itu sangat penting,” imbuhnya di akhir wawancara.

*Liputan untuk “Program Fellowship Perubahan Perilaku kolaborasi Dewan Pers dan Satgas Penanganan COVID-19”.
Reporter: Zulkifli Mangkau