Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

KPU Pohuwato: Peserta Debat Kandidat Harus Patuhi 3M

DULOHUPA.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, penyelenggara ataupun peserta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pohuwato tahun 2020 agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu 3M. Terlebih kepada mereka peserta debat kandidat.

“Menjelang debat nanti, kami dari pihak penyelenggara (KPU) tetap mengimbau seluruh peserta selalu mematuhi protokol kesehatan, atau dengan selalu melakukan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker),” kata Rinto kepada Dulohupa.id saat diwawancarai, Senin (2/11).

Rinto menjelaskan, penerapan protokol kesehatan dan mematuhinya adalah hal yang sangat penting. Karena pilkada kali ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

“Untuk menjaga situasi yang kondusif apalagi masih di tengah pandemi, saat debat berlangsung, kami juga akan membatasi peserta yang hadir. Dan harus mentaati protokol kesehatan tentunya,” tutur Rinto.

Pembatasan peserta debat ini kata Rinto, berdasarkan pada ketentuan PKPU Nomor 13 tahun 2020. Dalam aturannya, pelaksanaan debat itu hanya bisa dihadiri atau menghadirkan pasangan calon, empat orang tim kampanye, kemudian bawaslu, panelis, dan komisioner KPU. Tujuannya, kata Rinto, untuk menjaga penyebaran kluster baru pada pilkada.

“Kami tidak akan menghadirkan pihak lain, karena alasan tadi, masih pandemi. Tapi juga yang hadir kami wajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” tegas Rinto.

*Liputan untuk “Program Fellowship Perubahan Perilaku kolaborasi Dewan pers dan Satgas Penanganan Covid-19”.
Reporter: Zulkifli Mangkau