Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Pemda Gorut Wajibkan Pengelola Wisata Sediakan Fasilitas Protokol Kesehatan

Dulohupa.id- Pembukaan seluruh destinasi di wilayah Gorontalo Utara, menimbulkan kekhawatiran baru terkait penularan COVID-19. Meski begitu, pemerintah setempat memastikan bahwa seluruh pengelola destinasi wisata akan diwajibakan untuk tetap menyiapkan protokol kesehatan.

“Semua destinasi wisata yang ada di Gorontalo Utara ini, wajib mematuhi protokol Kesehatan Covid 19, sebagaimana yang telah diatur oleh pemerintah daerah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gorontalo Utara, Badar Pakaya, Jumat (6/11).

Kata dia, peraturan tentang penerapan protokol kesehatan tersebut telah dituangkan dalam peraturan bupati (perbup), yang ditindaklanjuti dari Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Gorontalo Nomor 41 Tahun 2020 terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sejauh ini kata Badar, dalam beberapa minggu terakhir, sebagian destinasi wisata di daerah itu mengalami lonjakan pengunjung. Makanya, tentu pihaknya akan semakin memperketat penerapan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Badar Pakaya. (ANTARA/Susanti Sako)

“Sudah mulai menunjukkan peningkatan (pengunjung) walaupun sedikit, dan sehingganya harus semakin intens untuk memperhatikan protokol kesehatan setiap pengunjung. Protokol kesehatan ini yang paling penting adalah mereka menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menggunakan handsanitiser,” katanya.

Adapun penerapan protokol kesehatan itu kata dia juga ditunjang dengan mewajibkan setiap tempat wisata menyediakan fasilitas cuci tangan, alat pengukur suhu, maupun baliho yang berisi peringatan dan imbauan tentang bahaya virus corona.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor