Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pasien 369 Tularkan Corona ke 14 Kerabatnya

Dulohupa.id – Peningkatan pasien Covid-19 di Gorontalo terjadi signifikan. Setidaknya data per 21 Juli 2020, ada 77 pasien baru yang terkonfirmasi. Jumlah penambahan pasien baru ini adalah tertinggi ke dua dalam tiga bulan corona mewabah di Gorontalo. Mirisnya, 14 dari jumlah itu, rupanya Kontak Erat (KERT) dengan seorang pasien Covid-19 yang tempo lalu meninggal dunia.

Juru bicara Gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo, Triyanto Bialangi menjelaskan, bahwa pasien itu adalah DBA, pasien 396, warga Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

“Kasus tertinggi di Kabupaten Gorontalo mencapai 36 orang karena adanya tracking yang masif dari gugus tugas dari salah satu pasien yang meninggal dan terkonfirmasi Covid-19. Pasien tersebut yakni pasien 396 dengan inisial DBA beralamat di Limboto. Dimana hasil trackingnya mencapai 14 orang,” ungkap dr. Triyanto

dr. Triyanto menjelaskan, tracking Kert pasien ini tidak akan sampai di situ. Sebab, untuk pasien positif hari ini akan tetap dilakukan tracking baik kerabat maupun keluarganya.

“Tahap awal ini ada 33 orang yang kontak erat yang di tracking oleh gugus tugas dan hasilnya 14 orang tadi. Untuk kontak erat berikutnya kami akan koordinasikan yang positif hari ini akan ditracking lagi keluarganya. Jadi ini perlu kerjasama dengan masyarakat, apabila merasa kontak dengan almarhum akan kita tracking agar dapat terdeteksi apa tertular atau tidak,” jelasnya.

Adapun data pasien terbanyak ke dua yang diumumkan hari ini adalah, Kota Gorontalo 28 pasien baru, Pohuwato 5 orang, Bone Bolango 4 orang, Boalemo 3 orang dan Gorontalo Utara 1 orang.

Sementara untuk pasien sembuh hari ini ada empat orang yakni pasien 314, 344, 356 dan 369. Dan yang meninggal dunia dua orang.

Hingga saat ini, total jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Gorontalo, mencapai 615 kasus, dengan rincian, 313 sembuh, 29 meninggal dunia, dan 273 sedang dirawat. (ber/Pprov)