Untuk Indonesia

Mahasiswa KKN UNG Turut Serta Genjot Angka Vaksinasi, Begini Strateginya

Dulohupa.id- Mahasiswa peserta program kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Negeri Gorontalo (UNG), ikut andil dalam menggenjot angka vaksinasi di Desa Tolango, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, dengan mengajak warga tak takut divaksinasi. 

Bukan hanya mengajak, para mahasiswa ini menarik minat masyarakat dengan pemahaman terhadap bahaya Covid-19, serta edukasi tentang vaksin yang mampu melawan virus SARCOV-2 penyebab Covid-19. 

Selain itu, mahasiswa juga mengedukasi masyarakat tentang informasi hoax atau bohong, serta informasi sesat tentang vaksinasi di internet. Dengan begitu, masyarakat sadar, bahwa ketakutan mereka terhadap vaksinasi, sebetulnya hanyalah berdasarkan informasi bohong di internet. 

“Di tengah peningkatan penyebaran kasus covid-19 di Provinsi Gorontalo, pemerintah mengupayakan berbagai langkah untuk mengajak masyarakat untuk vaksinasi. Akan tetapi, di Desa Tolango masih banyak masyarakat yang takut atau gagal paham dengan berita yang beredar di sosial media sehingga hal tersebut menjadi masalah dan penghambat masyarakat untuk vaksin,” terang Riski Isa, koordinator desa dalam program KKN tersebut, Rabu (13/10/2021).

Karena itu kata Riski, penting untuk pihaknya menyosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat. Upaya ini katanya, sebagai wujud pihak kampus UNG membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di tingkat desa.

“Dengan metode door to door yang dilakukan setiap hari oleh mahasiswa, (itu) mampu memberikan kepercayaan dan meminimalisir kekhawatiran di masyarakat agar untuk melakukan vaksin,” ungkap Riski. 

Tidak hanya itu, program vaksin yang dilaksanakan tiap minggu di desa Tolango juga sebagai peran mahasiswa KKN membantu proses pendataan vaksin di tiap dusun. Pelaksanaan vaksin dengan melibatkan peran mahasiswa mampu meningkatkan antusias masyarakat untuk melakukan vaksin.

“Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat bahkan pelajar SMP dan SMA mendatangi Posko Covid-19 yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat untuk melakukan vaksinasi di Desa Tolango, Kecamatan Anggrek,” jelasnya.

Strategi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN tematik yang dikoordinir oleh Koordinator desa itu, dilakukan dengan mengunjungi setiap rumah masyarakat dan memberikan edukasi serta meyakinkan masyarakat bahwa berita yang beredar di sosial media adalah tidak sepenuhnya benar atau hoaks.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.