Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Lomba Pekarangan lingkup ASN Pemprov, Berikut Hasilnya

Dulohupa.id – Pemenang lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) antar Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Gorontalo yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Gorontalo, diumumkan siang tadi, Rabu (19/8)

“Ini sangat bagus pak Sutrisno, tetapi bagusnya jangan nanti ada lomba. Nanti ada perintah saya, pak wagub dan pak sekda baru rame rame. Setelah dilombakan, dinilai, ya mungkin ada juga tanaman yang sudah tidak ada di tempat, jadi mudah-mudahan asli semua yah,” ucap Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengingatkan saat pencanangan kegiatan gerakan diversifikasi dan ekspose UMKM pangan lokal Provinsi Gorontalo yang dirangkaian dengan pengumuman pemenang lomba pekarangan di depan rumah dinas gubernur, Rabu (19/82020).

Rusli mengemukakan ia pernah mengunjungi peserta lomba, semuanya terlihat bagus, namun hilang tak berjejak setelah penilaian. Ia berharap, lomba ini bukan  sekedar mematuhi perintah tapi keluar dari lubuk hati untuk memanfaatkan halaman rumah secara berkelanjutan.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (tengah) yang didampingi Sekdaprov Darda Daraba (kiri) berbincang dengan Kepala Dinas DLHK, Fayzal Lamakaraka, yang berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori eselon II pada lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Mudah-mudahan bukan karena takut perintah pak gubernur, perintahnya pak sekda dan kepala dinas kita ikuti. Ini harus keluar dari lubuk hati dan coba rubah mindset kita, menggunakan halaman kita secara berkelanjutan,” harap Rusli.

Rusli juga menyarankan agar kegiatan seperti ini berkelanjutan dan terus dibina dengan menyediakan kebutuhan benih dan media tanam yang diperlukan.

“Pak Sutrisno saya minta ini berkelanjutan, terus dibina dan dibimbing masyarakat, berikan mereka kemudahan agar berkelanjutan. Mulai dari polibagnya, tanahnya, pupuk organik diberikan agar masyarakat juga diperhatikan,” ucap Rusli.

Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan salah satu lomba yang dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo dalam rangka memperingati HUT Kemerdekan RI ke-75.

Pemenang lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sebagai berikut :

Kategori eselon II, Juara I Fayzal Lamakaraka, Juara II Budiyanto Sidiki, dan juara III Misranda Nalole. Untuk kategori eselon III, peringkat pertama diraih oleh Khairuddin, peringkat kedua Yana Yanti Suleman, dan peringkat ketiga Siti Maria Igirisa Lahidjun.

Pada kategori eselon IV, juara I diraih oleh Srijono Tongkodu, juara II Ismet A. Moito, dan juara III Suwarni Uloli. Untuk kategori staf, peringkat I diraih oleh Nurmulianto Salim Nasaru, peringkat II Abdullah Soleman, dan peringkat III Zepri Marada.

Adapula kategori pengembangan lahan pekarangan berbasis “Agro Eduwisata” diraih oleh Sofyan Ibrahim, kategori pengembangan lahan pekarangan skala “komersil” tanaman hidroponik diraih oleh Bambang Trihandiko dan Mohamad Safril, kategori pengembangan lahan pekarangan berbasis “Tanaman Herbal” diraih oleh Misranda Nalole, kategori pengembangan lahan pekarangan berbasis “Agro Wisata” diraih oleh Siti Maria Igirisa Lahidjun, dan yang terakhir kategori pengembangan lahan pekarangan berbasis “ Rumah Belajar Aquaponik” diraih oleh Budiyanto Sidiki. **(rtr/1)