Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Kontak dengan Pasien Positif Covid 19, Ratusan Warga Kabila Jalani Uji Swab Massal

Dulohupa.id– Ratusan warga Kecamatan Kabila menjalani Uji Swab Massal. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari hasil tracking yang dilakukan oleh Tim Penanganan Covid-19 Provinsi dan Kabupaten Bone Bolango, dari temuan Klaster keluarga pasien 01. Uji swab massal dilakukan di Puskesmas Kabila, Kabupaten Bone Bolango, jumat (15/5) siang.

“Ini merupakan hasil pengembangan dan tracking yang dilakukan oleh petugas, atas riwayat kontak yang dilakukan oleh keluarga pasien 01,” ujar Nurdin Dali, Kepala Puskesmas Kabila saat ditemui, jumat (15/5)

Lebih lanjut Nurdin mengatakan, Uji Swab dilakukan kepada sedikitnya 130 warga yang sebelumnya sudah didata ataupun melapor sendiri kepada petugas kesehatan. Pelaksanaan swab test massal ini menurut Nurdin, akan digelar selama tiga hari berturut-turut, untk menghindari terjadinya penumpukan.

“Uji swab tes ini dilakukan untuk mendeteksi potensi covid-19, meski memang dari hasil rapid test yang dilakukan kepada seluruh warga, hasilnya semua negative,” tambahnya.

Sebelumnya, sejak pertama kali dilaporkan, Desa Tumbihe, Kecamatan Kabila,Kabupaten Bone Bolango memang menjadi klaster pertama penyebaran Covid-19 di Provinsi Gorontalo. (IKBAL)