Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

ASDP Luwuk Buka Jalur Laut Menuju Gorontalo, Gorontalo Menolak

Dulohupa.id– Beredarnya pengumuman resmi Kantor ASDP (Angkutan Sungai dan Penyebrangan) Luwuk, Sulawesi Tengah, yang berisi pembukaan ulang jalur penyebrangan laut Luwuk-Gorontalo, langsung mendapat respond dari Kantor ASDP Gorontalo.

Kantor ASDP Gorontalo dengan tegas menekankan, selama pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diterapkan di Gorontalo, pihaknya tidak akan pernah membuka pintu masuk penyebrangan masuk ataupun keluar dari Gorontalo.

“PT. ASDP itu hanya operator yang menjalankan kapal. Ketika Pemerintah larang kami muat, ya kami tidak muat, kondisi Luwuk kan beda dengan kita di Gorontalo, kalau kita disini, sudah jelas perintahnya, Gorontalo PSBB,” Tegas Andi Mujahiddin, Supervisor  PT. ASDP Cabang Gorontalo saat ditemui redaksi Dulohupa.id.

Andi juga menekankan, sejauh ini Pemerintah Gorontalo dalam berbagai rapat evaluasi yang dihadiri oleh ASDP Gorontalo, arahan Gubernur Gorontalo masih tetap sama, yakni menutup jalur laut masuk dan keluar dari Gorontalo selama PSBB berlangsung.

Hal yang sama juga disampaikan oleh, Aziz Baruadi, Korsatpel (Koordinator Satuan Pelayanan) Pelabuhan Penyebrangan Gorontalo. Azis menegaskan, Pihaknya akan melakukan pelayaran setelah masa pemberlakuan PSBB ini berakhir.

“PSBB ini kan mengatur penutupan lintas melalui darat, laut, dan udara di Gorontalo. Sekalipun ada Surat Edaran dari Menteri Perhubungan untuk memberikan kelonggaran kepada masyarakat tertentu yang ingin bepergian ke luar Gorontalo, kami tetap mentaati aturan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah daerah setempat,” tegasnya.

Sebelumnya, beredar surat berlogo Kantor PT ASDP tentang pembukaan jalur masuk dan keluar dari Gorontalo. Surat ini langsung menuai polemic, karena sangat bertolak belakang dengan peraturan PSBB di Gorontalo, yang dengan tegas menyatakan penutupan Jalur laut dan Udara keluar dan masuk Provinsi Gorontalo selama masa PSBB. (ERIK)