Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Gorontalo Pinjam 500 Reagen Kit BTLKPP Manado

Dulohupa.id– Untuk melanjutkan pemeriksaan swab PCR pasien positif covid-19 di Provinsi Gorontalo, Gugus Tugas Covid-19 meminjam 500 reagen kit dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Manado, Sulawesi Utara.

Proses peminjaman itu sambil menunggu bantuan 5.000 reagen kit dari BNPB. Pengiriman bantuan terkendala transportasi, sehingga baru akan dikirim Minggu besok dengan pesawat Hercules.

“Selang waktu antar pengiriman reagen dari pusat, kami berusaha meminjam dari BTKL Manado atas persetujuan dari BNPB pusat. Jadi ada surat rekomendasi dari BNPB sehingga kami dipinjamkan 500 reagen kit untuk pemeriksaan swab PCR di BPOM Gorontako,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Gorontalo dr. Triyanto Bialangi, M.Kes pada konferensi pers, Sabtu (9/5).

Hasil dari peminjaman tersebut, laboratorium BPOM sudah kembali beroperasi sejak Jumat kemarin. Ada 20 spesimen yang diuji PCR dengan hasil satu positif. Positif tersebut merupakan spesimen dari pasien yang memang sudah terdata sebelumnya.

“Hasilnya tiga sembuh (negatif) dan satu positif. Meskipun positif itu tidak menambah kasus baru,” imbuh Tri.

Hingga saat ini jumlah kasus covid-19 di Gorontalo berjumlah 19 orang. Untuk pertama kalinya, jumlah kasus sembuh lebih banyak daripada yang dirawat. Rinciannya 11 dinyatakan sembuh, tujuh dalam perawatan dan satu meninggal dunia. (*/DP-02)