Scroll Untuk Lanjut Membaca
EKONOMIPEMPROV GORONTALO

Gorontalo Masuk 10 Besar Kenaikan IPH Tertinggi se Indonesia Timur

288
×

Gorontalo Masuk 10 Besar Kenaikan IPH Tertinggi se Indonesia Timur

Sebarkan artikel ini
Gorontalo IPH
Aktivitas perdagangan komoditas pangan di Pasar Sentral Kota Gorontalo. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Provinsi Gorontalo menjadi salah satu daerah yang masuk dalam 10 besar dengan kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) se Indonesia Timur.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) RI setidaknya terdapat 343 Kabupaten Kota yang mengalami kenaikan IPH. Provinsi Gorontalo sendiri menjadi salah satu daerah yang mengalami kenaikan IPH, yakni di wilayah Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

Kenaikan IPH di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango masuk dalam urutan ke 7 dan 8. Dimana Kabupaten Bone Bolango menempati posisi ke 7 dengan IPH 5,53 persen dan untuk Kabupaten Gorontalo berada pada posisi ke 8 dengan IPH 5,49 persen. Sementara posisi pertama dengan kenaikan IPH tertinggi ditempati oleh Kabupaten Minahasa dengan IPH sebesar 7,21 persen.

“Secara umum IPH itu masuk dalam hitungan inflasi, dimana rata-rata yang menjadi penyumbang terbesar itu adalah cabai rawit. Hingga saat ini memang pantauan harga cabai masih Rp 140.000, walaupun 4 hari sebelumya sempat turun ke Rp 125.000,” Jelas Kabid Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, Iwan Sondakh, Senin (18/12/2022).

banner