Scroll Untuk Lanjut Membaca
EKONOMIHEADLINEPEMPROV GORONTALO

Jelang Nataru, Sejumlah Komoditas Pangan Alami Kenaikan Harga

52
×

Jelang Nataru, Sejumlah Komoditas Pangan Alami Kenaikan Harga

Sebarkan artikel ini
Harga Pangan
Komoditas bahan pangan di pasar sentral Gorontalo. Foto: Kris/Dulohupa.

Dulohupa.id – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, sejumlah komoditas pangan di Gorontalo mulai mengalami trend kenaikan harga.

Hal itu pun semakin dirasakan oleh masyarakat yang mulai kesulitan dalam menjangkau harga dan memperoleh ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan.

Kabid Perdagangan, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Provinsi Gorontalo, Iwan Sondakh mengatakan ada sejumlah komoditas bahan pangan yang mulai mengalami kenaikan harga selama Bulan Desember 2023. Diantaranya adalah Cabai rawit, tomat, bawang merah serta daging ayam yang perlahan mulai melonjak.

“Beras masih tetap meskipun masih cukup mahal karena memang dampak kekeringan yang rata-rata membuat petani gagal panen. Cabai rawit sampai saat ini masih main dan terus cenderung naik,” Ujar Iwan Sondakh.

Sementara itu, berdasarkan pantauan harga yang dilakukan di 3 titik pasar yakni pasar Sentral Gorontalo, Pasar Liluwo dan pasar mingguan, harga Cabai rawit per 18 Desember 2023 masih berada pada harga Rp 140.000. Sedangkqn komoditas tomat berada pada harga Rp 25.000/Kg, bawang merah Rp 40.000, dan daging ayam berada pada harga Rp 60.000.

“Kalau bawang merah ini memang pasokannya dari luar karena Gorontalo bukan daerah penghasil bawang. Sampai saat ini kami masih terus memaksimalkan untuk mengendalikan harga bahan pangan yang mengalami kebaikan. Kita berharap ini bisa turun, tapi jika kita lihat sikluas tahunan memang hampir setiap tahun menjelang natal dan tahun baru pasti ada kenaikan harga komoditas bahan pangan terutama cabai,” Jelas Iwan.

Reporter: Kris

banner