Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Disporapar Dukung Promosi Wisata Paralayang Pohuwato

DULOHUPA.ID- Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pohuwato, Arvan Tangoi, mengaku siap mendukung promosi wisata paralayang di Pohuwato. Ia berharap, wisata minat khusus yang berlokasi di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato itu, mampu menarik wisatawan.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif desa atau pemerintah desa yang mau membuka destinasi wisata baru di Pohuwato, terutama destinasi wisata minat khusus paralayang, dan ternyata ada desa yang cocok untuk destinasi wisata tersebut di Pohuwato,” terang Arvan kepada Dulohupa.id, belum lama ini.

Ke depan kata dia, pihaknya juga akan mendukung hal-hal lainnya yang dibutuhkan dalam pengelolaan wisata paralayang Pohuwato tersebut, misalnya saja peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola.

Karena,”kami berkomitmen untuk tidak lagi menjadi operator dalam hal destinasi pariwisata, kita dorong agar pemerintah desa melalui bumdesnya untuk mengelola potensi wisata di wilayahnya agar menjadi penggerak ekonomi di desa itu sendiri bahkan wilayah sekitarnya,” tambah Arvan.

Kata Arfan, pengelolaan wisata yang baik melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dapat membantu perekonomian masyarakat desa sekitar. Sehingga itu, “kami terus mendorong agar destinasi baru bisa lebih banyak tumbuh agar bisa menjadi alternatif bagi pengunjung untuk menikmatinya.”

Arfan menjelaskan, bahwa sektor pariwisata itu sifatnya berkembang terus. Makanya, ia meminta agar semua pemangku kepentingan di Pohuwato, agar dapat mendorong pengembangan sektor pariwisata.

Karena meski Pohuwato berada paling barat dari Gorontalo, namun pihaknya tetap berharap tetap memiliki ragam wisata.

Apalagi jika melihat secara geografis, Pohuwato posisinya berada sangat dekat dengan Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Sehingga akan sangat mungkin jika kaya akan destinasi wisata, maka Pohuwato bisa menarik wisatawan dari Togean.

“Dengan banyak destinasi yang beragam, pariwisata di Pohuwato bisa menjadi alternatif transit bagi wisatawan asing yang akan ke Togean atau Tojo Una-Una misalnya,” imbuhnya kepada Dulohupa.id.

Reporter: Zulkifli Mangkau