Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

FOTO: Uji Adrenalin di Wisata Paralayang Pohuwato

DULOHUPA.ID- Wisata paralayang kini hadir di Kabupaten Pohuwato. Destinasi wisata minat khusus yang digagas oleh pemerintah dan masyarakat Desa Lomuli, Kecamatan Lemito itu, menawarkan keindahan alam.

Kepala Desa Lomuli, Abdul Kadir Yunus mengatakan, destinasi wisata minat khusus paralayang ini dibuat untuk mengajak seluruh wisatawan melihat landscape alam melalui sensasi terbang dengan paralayang.

“Potensi alam di Desa Lomuli sangat indah, makanya destinasi wisata ini kami buat untuk memberitahukan kepada semua orang, kalau di Pohuwato khususnya di Lomuli punya landscape alam yang indah,” ujarnya belum lama ini.

 

Ia pun mengungkapkan, sensasi terbang dengan paralayang cukup menantang, namun akan terbayarkan jika sudah berada di ketinggian.

“Gugusan pulau, hamparan bukit yang hijau, laut yang biru, dan panorama alam lainnya sangat jelas dan indah,” katanya setelah melakukan uji coba terbang pertama kali dengan paralayang.

Sensasi wisata minat khusus ini juga di respon baik oleh masyarakat setempat, buktinya, pada hari pertama uji coba terbang, warga desa berbondong-bondong memadati tempat pendaratan yang telah direncanakan.

Animo warga inilah yang juga memberikan semangat tersendiri bagi Abdul selaku kepala desa, untuk membuat destinasi wisata minat khusus paralayang di desanya.

“Dukungan dari masyarakat untuk destinasi wisata ini sangat tinggi, juga ke depannya kami berharap dengan adanya wisata paralayang ini dapat membantu perekonomian masyarakat di desa,” harapnya.

Menurut Abdul, kendala untuk mengakses ke lokasi awal terbang itu ialah pada jarak tempuh dan medan yang akan dilewati. Sekiranya butuh waktu 1,5 jam agar sampai ke puncak untuk bisa merasakan sensasi terbang dengan paralayang.

“Ke depannya, prioritas kami ialah memperbaiki akses jalan ke lokasi agar mudah untuk diakses wisatawan.”

Ia juga berharap, pemerintah daerah melalui dinas terkait agar selalu membantu upaya pemerintah desa, dalam menciptakan destinasi wisata minat khusus paralyang di Desa Lomuli, sebagai jualan destinasi pariwisata di Kabupaten Pohuwato.

Reporter: Zulkifli Mangkau