Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Fidya Ilahude, Duta GenRe Pencetus Masker Mangkage

Dulohupa.Id– Duta genre Gorontalo, Fidya Ilahude punya cara sendiri untuk mengajak warga peduli dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Remaja putri asal Gorontalo ini, adalah pencetus program Masker Mangkage (Masker Mari Torang Kanal GenRe). Masker buatan remaja putri asal Gorontalo.

Masker berbahan lokal itu, selain menjadi alat pelindung diri dari bahaya Covid-19, juga memuat pesan-pesan unik kepada masyarakat untuk rajin menggunakan masker.

Fidya Ilahude sendiri adalah salah seorang Duta GenRe (Generasi Berencana) asal Gorontalo. Remaja yang kini berstatus mahasiswa itu, bertugas untuk mempromosikan program GenRe.

Selain inovasi Masker Mangkage, Fidya juga menjadi pencetus ide pembuatan Nugget Bandeng Benderang di Desa Pelambane.

Nugget bandeng benderang adalah produk lokal hasil tangan Ibu rumah tangga asal Desa Pelambane, bekerja sama dengan karang taruna.

Alasan memilih nugget, karena nugget adalah produk olahan yang disukai oleh semua kalangan. Dari anak-anak hingga dewasa.

Tak hanya itu, kadar gizi yang tinggi dalam ikan bandeng, diharapkan bisa menjadi solusi penanganan kasus stunting di Desa Pelambane.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (Sumber: https://health.grid.id/), Mengkonsumsi 3 ekor ikan bandeng, dapat memberikan 116 persen vitamin B 12, 44 persen niacin, 24 persen vitamin B6, dan 15 persen asam pantotenat yang direkomendasikan oleh Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine.

Selain itu, Ikan Bandeng juga mengandung asam lemak omega-3, yang berhubungan dengan penurunan kadar trigliserida darah, penurunan tekanan darah, peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan peningkatan gejala radang sendi.