Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialPEMPROV GORONTALO

Budidaya Melon Golden di Barakati Diharapkan Perkuat UMKM

59
×

Budidaya Melon Golden di Barakati Diharapkan Perkuat UMKM

Sebarkan artikel ini
Budidaya Melon
Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim usai melakukan panen buah melon golden pada Selasa (20/2/2024) di Desa Barakati, Kabupaten Gorontalo. Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Budidaya Melon Golden diharapkan perkuat Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) dalam sektor pertanian. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Sofyan Ibrahim usai melakukan panen buah melon golden pada Selasa (20/2/2024) di Desa Barakati, Kabupaten Gorontalo.

Sofyan mengapresiasi pembudidayaan melon jenis golden yang dilakukan oleh kelompok tani yang ada di Desa Barakati yang berada di bawah naungan Koperasi Karya Mandiri Berkah.

“Pembudidayaan buah melon golden di Provinsi Gorontalo khususnya di Desa Barakati ini akan memperkuat UMKM pada sektor pertanian dan perkebunan”, ungkapnya.

Menurut Sofyan pembudidayaan melon golden ini juga dapat menunjang program food estate yang telah digaungkan oleh pemerintah.

“Selama ini, buah-buahan yang di jual di Provinsi Gorontalo banyak yang berasal dari luar Gorontalo. Kehadiran buah melon golden yang dibudidayakan di Desa Barakati ini dapat menunjang bahan baku bagi UMKM-UMKM lain”, ujarnya.

Ketua Koperasi Karya Mandiri Berkah Solihin Nurdin mengatakan bahwa panen melon golden ini adalah yang kedua kali dilakukan sejak November tahun lalu.

“Melon golden hanya membutuhkan 64 hari untuk dipanen sejak ditanam. Sehingga dengan hasil yang banyak dan masa tanam yang singkat, keuntungan yang dihasilkan dapat maksimal”, jelas Solihin.

Solihin berharap kehadiran budidaya melon golden yang memiliki banyak manfaat tersebut di Desa Barakati, tidak hanya akan meningkatkan ekonomi kelompok tani saja, tapi juga dapat memberikan manfaat ke masyarakat Gorontalo lainnya.

Adv