Untuk Indonesia

Wali Kota Gorontalo Mengevaluasi Kinerja Para Kepala OPD

Dulohupa.id- Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengevaluasi kinerja para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2021 lewat rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan anggaran triwulan IV yang dirangkaikan dengan rapat persiapan pelaksanaan program kegiatan tahun 2022, pada Senin (10/1/2022).

Rapat tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauh mana kinerja dan pembangunan yang telah dicapai dalam rangka penyerapan anggaran yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Rapat ini dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja yang telah dicapai dalam rangka pembangunan daerah dan melihat sejauh mana penyerapan anggaran”, ungkap Marten.

Marten juga mengungkap aplikasi e-monep telah mencatat progres realisasi yang baik dalam upaya percepatan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan ditahun 2021 kemarin. Selain itu, ia menyampaikan masing-masing OPD realisasinya ada yang di atas 90% ada juga yang di bawah 90%, hal ini menurutnya jadi bahan evaluasi pemerintah untuk mencari tahun apa penyebab tidak direalisasikanya program dan kegiatan yang telah direncanakan pada awal tahun lalu.

Baca Juga:  Ada 12 Titik Pekerjaan Pipa di Kota Gorontalo

“Dalam upaya percepatan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan di Kota Gorontalo tahun anggaran 2021 Kemarin. Aplikasi e-monep telah mencatat progres realisasi baik fisik maupun keuangan dari masing-masing OPD tentunya ada OPD yang diatas 90% ada iuga yang dibawah 90%. Hal ini terus dievaluasi kembali dan melihat apa penyebab pencapaian target program dan kegiatan yang sudah direncakan tetapi tidak direalisasikan”, paparnya.

Sementara itu laporan progres capaian target realisasi di kota Gorontalo untuk tahun 2021 mengalami penurunan yang sangat signifikan dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana capaian realisasi pemerintah Kota Gorontalo sampai dengan bulan desember tahun 2021 yaitu 85,04% realisasi fisik dari taget 100% dan 80,08% realisasi keuangan dari taget 100%.

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal tersebut, Marten telah memerintahkan kepada asisten II bagian administrasi untuk dibuatkan perjanjian kinerja pada OPD-OPD terkait penetapan target dan peningkatan kembali pada instansi penanggung jawab agar lebih optimal dalam pelaksanaan program.

Baca Juga:  Ada 12 Titik Pekerjaan Pipa di Kota Gorontalo

“Untuk mengantisipasi penurunan capaian taget realisasi seperti pada tahun kemarin, saya telah memerintahkan kepada asissten II bagian administrasi untuk membuat perjanjian kinerja kepada kepala-kepala OPD terkait penetapan target dan penyelesaian penginputan realisasi bulanan pada aplikasi e-monep dan meningkatkan kembali instansi penganggung jawab program agar lebih mengoptimalkan perencanaan pelaksanaan program, utamanya dalam penyusunan target kegiatan KPA dan PPTK”, tegas Marten.

Diakhir rapat Wali Kota Gorontalo dua periode itu menegaskan, pelaksanaan program ataupun proyek pembangunan agar selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama yang berkaitan langsung drngan barang dan jasa.

Reporter: Reinaldi Julfirman

 

Comments are closed.