Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tuntut Keadilan, Pemerintah Dinilai Tak Mampu Menyelesaikan Persoalan Lahan HGU di Kecamatan Dungaliyo

Dulohupa.id – Sejumlah warga dari Kecamatan Dungaliyo, melakukan aksi unjuk rasa di kantor bupati, terkait adanya aktivitas dilahan HGU di Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo tersebut, Selasa (21/07)

Seperti yang disampaikan oleh Ramli H Mapo salah satu orator, pada 6 Juli 2020, pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui pemerintah Kecamatan Dungaliyo, telah mengeluarkan surat edaran tentang larangan untuk melakukan aktivitas di atas lahan HGU untuk sementara waktu, sampai persoalan yang ada di HGU Dungaliyo diselsaikan.

Namun dikatakan oleh Ramli, aktivitas dilahan HGU tersebut masih terus berlangsung, namun tidak ada tindakan tegas dari pemerintah kecamatan.

“Kami meminta keadilan dan ketegasan dari pemerintah, untuk menghentikan aktivitas serta mengeksekusi tanaman yang ada dilahan HGU. Yang ingin kami tanyakan mana yang lebih berkuasa, edaran pemerintah atau penguasa-penguasa lainnya,” terangnya.

Lanjut dikatakan oleh Ramli Mako, yang menjadi tuntutan dari warga adalah pertama sterilkan lahan HGU yang hingga saat ini masih berlangsung aktivitasnya. Yang kedua, rakyat meminta agar persoalan HGU harus cepat diselesaikan, dan pemerintah harus mengambil kebijakan yang tegas.

“Hari ini kami datang meminta selesaikan persoalan hari ini juga. Kemudian aparat yang tidak mampu mengambil kebijakan terkait persoalan ini,baik Kepala Desa, Camat segera mengundurkan diri,” tegasnya. (Dhedy)