Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Dua Bakal Calon Bupati di Bone Bolango Belum Memenuhi Syarat Dukungan

Dulohupa.id – Setelah melakukan Verifikasi Faktual selama 14 hari sejak (29/6) sampai (12/7) di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango (Bonebol) gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Rumah Makan Meranti, Senin (20/7/2020).

Pada hasil rekapitulasi, Ketua KPU Bonebol, Adnan A. Berahim mengungkapkan, Kedua Bakal Pasangan Calon Perseorangan yaitu (Ismet Mile – Sukandi Talani) dan (Moh. Kilat Wartabone – Syamsir Kiyai) ini belum dapat memenuhi syarat minimum jumlah dukungan yang telah di tetapkan sedikitnya 11.205 dukungan oleh KPU Bonebol. Meski begitu, kedua Bapaslon ini telah memenuhi sebaran dukungan yang telah di tetapkan yaitu 10 Kecamatan.

“Hari ini, 2 bakal pasangan calon tersebut belum memenuhi syarat minimum jumlah dukungan, namun telah memenuhi sebaran dukungan. Jadi pada saat masa perbaikan nanti kedua bakal pasangan calon tersebut tinggal memasukan kekurangan dari pada jumlah dukungan yang telah di tetapkan. Dan harus memenuhi 2 Kali dari pada jumlah kekurangan” Ungkap Adnan.

Kedua Bapaslon tersebut harus memasukkan kekurangan dukungan yang telah ditetapkan, dalam batas waktu yang telah ditentukan untuk dapat ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bonebol. Adnan mengatakan pihaknya membuka waktu pemasukan kekurangan dukungan tersebut selama 3 hari. “Batas pemasukkan dibuka tanggal (25/7) sampai (27/7)” Tutupnya.

Telah ditetapkan, jumlah dukungan yang memenuhi syarat untuk Bapaslon Ismet Mile dan Sukandi Talani sejumlah 9.284, sedangkan untuk Bapaslon Moh. Kilat Wartabone dan Syamsir Djafar Kiyai 10.794.

Kegiatan tersebut, turut di hadiri KPU Provinsi Gorontalo, Kesbangpol Bone Bolango, Disdukcapil Bone Bolango, Polres Bone Bolango, ke dua Bapaslon Perseorangan, dan PPK se-Kabupaten Bone Bolango. (Erik)