Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Terkait Penundaan Pembayaran Angsuran Pokok dan Bunga, Pemkab Gorontalo Gelar Rapat Bersama

Dulohupa.id – Terkait penundaan pembayaran angsuran pokok dan bunga bagi daerah yang terdampak Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, pada Rabu (01-04-2020) gelar rapat bersama seluruh perbankan  yang berada di Kabupaten Gorontalo (Kabgor) diruang Madani, guna menindak lanjuti edaran Presiden RI Joko Widodo.

Diwawancarai usai pelaksanaan rapat yang dihadiri masing-masing Pimpinan Bank yang ada di Kabgor, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb menjelaskan, setiap perbankkan telah mengambil langkah-langkah yakni, mengidentifikasi semua debitur yang terkena dampak langsung. Dijelaskan oleh Sekda dampak langsung yang dimaksud adalah omsetnya menurun dari 40 persen hingga 80 persen, bahkan ada yang terkena hingga 100 persen akibat virus corona yang mewabah saat ini.

“Terkait dengan penundaan pembayaran ini hanya akan di lakukan pada daerah-daerah yang terkena dampak langsung Covid-19 ini, ada yang penundaan pembayaran angsuran pokok dan ada juga yang sesuai klasifikasi yang mereka lakukan di lapangan. Ada yang penundaan 100 persen yakni angsuran pokok dan bunga, semua sudah di identifikasi oleh pihak perbankan,” urainya.

Di samping itu juga Hadijah menegaskan debitur yang tidak terkena dampak, tetap jalan seperti biasanya, karena tidak termasuk dalam pemberlakuan aturan ini dan tentunya melakukan pembayaran sesuai dengan peraturan yang ada. “Aturan ini masyarakat perlu tau agar tidak gagal dalam menafsirkan edaran yang berlaku. Karena dalam hal ini perlu sosialisasikan kepada masyarakat, supaya mereka bisa lebih paham, dan akan mentaati sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (ADE)