Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Tempat Hiburan di Pohuwato Diizinkan Buka, Asal Patuhi Protokol Kesehatan

Dulohupa.id- Meski pandemi COVID-19 masih belum usai, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, tetap mengizinkan tempat hiburan di wilayah tersebut dibuka. Izin tersebut diberikan selama pengelolanya menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak ada penutupan tempat hiburan di Pohuwato saat pandemi sekarang ini, asal tempat hiburan tersebut menjalakan protokol kesehatan,” ujar Sumitro Monoarfa, Kepala Satpol PP Kabupaten Pohuwato, kepada Dulohupa.id, Rabu (4/11).

Lagian kata dia, pihaknya bersama tim gabungan TNI dan Polri, rutin melakukan razia, terutama di tempat-tempat tersebut. Sehingga setiap ada yang tidak patuh protokol kesehatan, akan langsung ditindaki.

“Kami turun bersama TNI dan Polri untuk melakukan patroli tersebut setiap dua kali dalam seminggu. Kita ke (Wisata) Pohon Cinta, yang selalu menjadi sasaran patroli karena di situ banyak dikunjungi masyarakat,” jelas Sumitro.

Senada dengan itu, Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Pohuwato, Ramon Abdjul mengungkapkan, tidak ada penutupan tempat hiburan, juga rumah makan, dan warung kopi asalkan mematuhi protokol kesehatan.

“Tempat hiburan tidak (di)batasi atau ditutup, mereka bisa melakukan aktivitas asal mematuhi prokes,” kata Ramon kepada Dulohupa.id melalui saluran telpon, Selasa (3/11).

Sebetulnya kata Ramon, kekhawatiran dibukanya tempat hiburan karena adanya risiko timbulnya klaster baru. Tapi jika memang menerapkan protokol kesehatan, maka tentu risiko itu bisa ditekan.

“Kami itu bersama tim dari TNI,Polri, dan Satpol, dan Gugus Tugas selalu melakukan patroli untuk memantau masyarakat yang tidak mematuhi atau menerapkan protokol kesehatan, terutama patroli yang kami lakukan selalu berfokus pada kawasan pohon cinta karena di sana merupakan kawasan yang banyak dikunjungi dan juga terdapat pusat tempat hiburan,” terang Ramon.

Ramon juga mengharapkan, agar masyarakat Pohuwato tetap mematuhi protokol kesehatan, agar mencegah penyebaran kluster baru. “Imbauan juga kami tujukan kepada masyarakan agar selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak,”.

*Liputan untuk Program Fellowship Perubahan Perilaku Kolaborasi Dewan Pers dan Satgas Pencegahan COVID-19.
*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau