Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Saat Pandemi, Kadis Pertanian Pohuwato Sarankan Masyarakat Berkebun

Dulohupa.id- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato, Ikbar A.P Salam, menyarankan agar masyarakat Pohuwato mengisi waktu mereka selama pandemi dengan berkebun.

Kegiatan berkebun ini menurut Ikbar, selain bisa menghilangkan rasa bosan karena terlalu lama berdiam diri di rumah, juga dapat berdampak positif karena bisa memenuhi kebutuhan pangan skala keluarga.

“Berkebun di rumah bisa menjadi salah satu aktivitas masyarakat yang dilakukan saat ini, apalagi suasana sekarang ini masih pandemi,” kata Ikbar kepada Dulohupa.id, Senin (9/11).

Ditambah lagi, berkebun merupakan kegiatan yang murah dan sederhana. Hanya modal pekarangan atau lahan yang tidak terkelola dengan baik di rumah. Sistem berkebun sederhana pun kata dia bisa dengan banyak cara.

“Pekarangan bisa dimanfaatkan untuk berkebun, seperti berkebun hidroponik. agar kebutuhan pangan keluarga tercukupi selama pandemi,” tutur Ikbar.

Minimal kata Ikbar, masyarakat harus ada aktivitas selama pandemi. Daripada hanya di rumah saja selama pandemi tanpa aktivitas produktif.

“Meskipun hasil dari kebun tidak banyak, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga di rumah (kan),” imbuhnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Zulkifli Mangkau