Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Buruh Desak Gubernur Naikkan 3,33 Persen UMP 2021

Dulohupa.id – Ratusan buruh di Gorontalo menggelar aksi unjuk Senin (9/11) di Kantor Gubernur Gorontalo. Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Gorontalo, mendesak Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie untuk menaikkan Upah Minimum Pekerja (UMP) sebesar 3,33 Persen dari UMP Gorontalo sebelumnya.

Dalam orasinya, Selain meminta kenaikan UMP, Buruh Gorontalo juga kembali menegaskan penolakan Omnibuslaw tenaga kerja yang telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Kami meminta pemerintah Kabupaten dan Provinsi Gorontalo agar undang-undang cipta kerja segera di cabut dalam perundang-undangan,” tegas Andy Hasan Sekretaris FSPMI Provinsi Gorontalo dalam orasinya di depan para massa aksi.

Tak hanya itu, Andy selaku perwakilan massa aksi juga menegaskan penolakannya atas Surat Edaran Menteri ketenagakerjaan Nomor: M/11/HK.04/X/2020 tentang upah minimum tahun 2021.

“Surat edaran Menaker itu bertentangan dengan aturan dalam peupahan oleh  Ketenagakerjaan di provinsi Gorontalo itu sendiri,” tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, aksi unjuk rasa ratusan buruh di Gorontalo itu masih terus berlangsung. (YK)