Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Rumah Masih Terendam Banjir, Ratusan Warga Memilih Bertahan di Tempat Pengungsian

Dulohupa.id– Usai diterjang banjir jumat (3/7), hingga sabtu (4/7) ratusan rumah warga di sejumlah Kelurahan di Kota Gorontalo, masih terendam banjir. Wargapun memilih untuk bertahan di lokasi-lokasi pengungsian, yang sebelumnya telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah. Namun sebagian warga juga mulai kembali ke rumah mereka masing-masing, untuk membersihkan sisa lumpur yang sempat terbawa banjir.

“Sebagian sudah kembali, tapi yang lain termasuk saya masih bertahan disini, soalnya di daerah kami airnya masih tinggi,” ujar Lidya, salah seorang pengungsi asal Kota Gorontalo, sabtu (4/7).

Lebih lanjut Lidya mengatakan, lambatnya tingkat penyusutan air di wilayahnya tempat tinggalnya, karena air laut yang pasang, sehingga air cenderung lambat untuk surut.

Sementara itu, untuk menangani korban banjir pemerintah memperioritaskan para pengungsi dengan menyiapkan makanan siap saji.

“Dari data bpbd provinsi Gorontalo, warga yang tedampak banjir di dua kecamatan dan mengungsi ke tempat yang di siapkan oleh petugas sebanyak 9.415 warga,” ungkap Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Sumarwoto.

Suwarto juga mengatakan, untuk wilayah Provinsi Gorontalo, lokasi yang terdampak banjir hingga saat ini tersebar di 3 Kabupaten, masing-masing, Kabupaten Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Boalemo. (Jebeng)