Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPEMKOT GORONTALO

Puluhan Lansia Mengungsi Akibat Banjir di Kota Gorontalo

43
×

Puluhan Lansia Mengungsi Akibat Banjir di Kota Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Kota Gorontalo Banjir
Warga lanjut usia yang terdampak banjir Kota Gorontalo diperiksa kesehatannya. Foto: Dulohupa

Dulohupa.id – Puluhan orang lansia (lanjut usia) mengungsi di posko pengugsian akibat banjir yang menerjang Kota Gorontalo sejak Rabu (10/07/2024) kemarin.

Data sementara dari pihak BPBD Provinsi Gorontalo sebanyak 17 kelurahan di 7 kecamatan yang ada di wilayah Kota Gorontalo terendam banjir.

Aula kantor walikota Gorontalo yang menjadi salah satu posko pengungsian korban banjir, sejak semalam sekitar pukul 01.00 wita dini hari para pengungsi mulai berdatangan.

Warga yang mengungsi sebagian juga di jemput dari rumahnya menuju posko pengungsian oleh petugas gabungan. Sebagian pengungsi merupakan lansia.

Menurut Tahir Laendeng, Penata Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Gorontalo bahwa petugas gabungan dalam melakukan evakuasi korban banjir mengutamakan para lansia atau kelompok rentan.

“Sekarang kami masih melakukan evakuasi kepada masyarakat di semua daerah (yang terendam banjir) terutama kelompok-kelompok rentan yang kami utamakan,” ujar Tahir kepada Dulohupa.

Sementara itu, dari puluhan pengungsi yang berusia rentan salah satunya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pengungsi (lansia) tersebut saat datang mengungsi di posko pengungsian sudah dalam keadaan sakit. Dina yang merupakan anak dari lansia tersebut membenarkan hal itu.

“Kami mengungsi disini dengan harapan ada penangan lanjut dari petugas (medis). Kami juga mengungsi karena air dirumah sudah setinggi pinggul orang dewasa. Jadi sudah tidak bisa bertahan lagi di rumah,” ucap Dina kepada Dulohupa.