Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINE

Sejumlah Wilayah di Kota Gorontalo Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 1 Meter

118
×

Sejumlah Wilayah di Kota Gorontalo Terendam Banjir, Ketinggian Air Capai 1 Meter

Sebarkan artikel ini
Banjir Gorontalo Kota
Banjir di kelurahan Limba Dua, Kota Selatan, Kota Gorontalo, Gorontalo.foto: Hendrik Gani

Dulohupa.id – Sejumlah wilayah di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo terendam banjir dengan ketinggian air mencapai capai 1 meter.

Hal itu seperti terlihat di pemukiman warga di Kelurahan Limba Dua, Kota Selatan, Kota Gorontalo. Dari pantauan Dulohupa.id, sejumlah warga telah mengungsi di tempat yang tinggi, seperti di rumah yang berlantai dua.

Bahkan Basarnas Gorontalo harus menurunkan perahu karet yang memiliki mesin untuk mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak banjir.

Karena memang air yang mengalir di ruas jalan pun sudah mencapai bagian paha orang dewasa, dan lebih dalam lagi ketika masuk ke dalam pemukiman warga yang rumahnya lebih rendah dari ruas jalan.

Tri Nur Cahyo, Kepala Bagian Kaur Umum Basarnas Gorontalo mengaku, timnya sendiri harus mengerahkan perahu karet yang menggunakan mesin untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

“Arusnya sangat deras, kita lihat bersama di ruas jalan saja airnya sudah mencapai paha orang dewasa, otomatis air yang masuk di pemukiman warga apalagi rumahnya yang terletak di dataran rendah, airnya bisa lebih tinggi lagi,” ungkapnya, Kamis (11/7/2024).

Basarnas sendiri kata Tri telah melakukan evakuasi ke sejumlah warga yaitu, Balita, Lansia, ibu hamil, warga yang sakit, dan warga yang membutuhkan pertolongan untuk dievakuasi. Tri juga mengaku, memang ada sejumlah warga yang tidak mau dievakuasi, namun mereka diarahkan mengungsi ke rumah-rumah yang berlantai dua.

“Kita telah mengevakuasi Balita, Lansia, ibu hamil, warga yang sakit, dan sejumlah warga yang butuh untuk dievakuasi. Karena memang ada sejumlah warga yang tidak mau dievakuasi, dan diarahkan untuk mengungsi di lantai dua rumah warga lainnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak didinginkan,” ujarnya.