Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Polda Gorontao Musnahkan 36 Ton Miras Jenis Captikus

Dulohupa.id – Kepolisian Daerah Gorontalo memusnahkan 36 ton Miras (Minuman Keras) jenis Cap tikus, di Markas Sat Brimobda Polda Gorontalo, Kabupaten Gorontalo. Puluhan ton cap tikus ini, merupakan barang bukti hasil operasi pemberantasan peredaran miras di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

Secara rinci, 36.792 liter cap tikus itu merupakan hasil tangkapan dari Dit Resnarkoba Polda Gorontalo sebanyak 18.090 liter, Satresnarkoba Polres Gorontalo Kota 835,2 liter, Satresnarkoba Polres Gorontalo 2.022 liter, Satresnarkoba Polres Bone bolango 2.254,4 liter, Satresnarkoba Polres Gorontalo Utara  13.350 liter, dan Satresnarkoba Polres Boalemo 240 liter, dan Polres Pohuwato 15.000 liter.

“Sejak tiga bulan menjabat sebagai Kapolda, saya sudah mendalami penyebab terjadinya kasus kriminalitas di Gorontalo, dan penyebab utamanya adalah minuman keras, oleh saya dibantu oleh TNI, dan seluruh jajaran Forkopimda di Provinsi Gorontalo selama ini sangat intens memberantas penyebaran minuman keras di Gorontalo, dan alhamdulillah hari ini sejumlah barang bukti hasil tangkapan kita akan dimusnahkan, dan ini bukan hanya keberhasilan kami Polri, tapi keberhasilan kita semua,” tegas Kapolda Gorontalo, Irjend Pol Drs M. Adnas, sabtu (20/6) kemarin.

Tak hanya itu, Irjend Pol Adnas juga mengatakan, Polda Gorontalo kedepannya akan tetap intens melakukan razia, dan operasi pemberantasan miras di Provinsi Gorontalo.

Sebelumnya, dari data yang dirilis oleh Polda Gorontalo, 36 ton miras yang dimusnahkan itu, telah mendapatkan 22 ketetapan hukum dari pengadilan. Sedangkan untuk tersangkanya sendiri, Polda Gorontalo mengamankan 22 orang sebagai tersangka. Sebagian sudah diajukan ke tingkat pengadilan, sedangkan sisanya masih dalam tahap penyidikan. Oleh pihak kepolisian, oara tersangka dijerat dengan pasal 142 jo pasal 91 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan sanksi pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak 4 Milyar Rupiah.

Dalam kegiatan pemusnahan miras itu sendiri, selain dihadiri langsung oleh Kapolda Gorontalo, juga turut dihadiri oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Danrem 133/Nwb, Jajaran Forkopimda Propinsi Gorontalo, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Rektor UNG, dan sejumlah pihak terkait. (Jebeng)