Scroll Untuk Lanjut Membaca
PERSPEKTIF

Pilkada Sehat tanpa Money Politics

26
×

Pilkada Sehat tanpa Money Politics

Sebarkan artikel ini
Money Politics
Ilustrasi Stop Politik Uang/Ist
Penulis: Rahma Ayu Arief (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo)

Pilkada singkatan dari Pemilihan Kepala Daerah, adalah sebuah proses demokratis yang berlangsung di Indonesia. Dalam proses ini, pemilih secara langsung memilih kepala daerah seperti gubernur, bupati, atau wali kota, beserta wakilnya. Lebih dari sekadar sebuah rutinitas politik, Pilkada merupakan panggung krusial bagi demokrasi di Indonesia.

Setiap pemilih memiliki suara yang sama dalam menentukan masa depan pemerintahan daerah mereka. Pilkada memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang dianggap mewakili dan mengurus kepentingan mereka di tingkat lokal, sekaligus memperkuat prinsip pemerintahan yang berdasarkan pada kehendak rakyat.

Pilkada memberikan peluang kepada warga negara untuk ikut serta dalam proses pengambilan keputusan politik, menetapkan arah kebijakan negara, dan memilih pemimpin yang mewakili kepentingan mereka. Dalam setiap fase pemilihan umum, praktik politik uang atau money politics sering kali menjadi ancaman serius bagi integritas proses demokrasi. Praktik tersebut mencakup pemberian uang, barang, atau jasa sebagai imbalan untuk mendapatkan dukungan politik, suara, atau keuntungan lainnya.

Praktik politik uang, seperti yang kita ketahui, sering kali terjadi menjelang pemilu maupun pilkada. Telah umum diketahui bahwa uang merupakan salah satu instrumen yang efektif untuk memperoleh dukungan suara dengan memberikan sejumlah uang kepada masyarakat.

Salah satu alasan politik uang masih kerap terjadi adalah ketika peran partai politik terabaikan, yang mengakibatkan lemahnya struktur kelembagaan partai politik. Keadaan ekonomi dan tingkat kemiskinan juga menjadi penyebab utama kelanjutan praktik politik uang, terutama ketika mempertimbangkan realitas sosial bahwa kemiskinan sering dimanfaatkan oleh para oknum politik untuk melakukan pembelian suara.