Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Peran Penting Keluarga Kampanyekan Protokol Pencegahan Covid-19

Dulohupa.id – Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat. Mengorganisirnya tidak akan terlalu rumit selayaknya negara. Maka, tentu dalam kasus kampanye memutus rantai penyebaran Covid-19, keluarga memiliki peran yang besar dan sangat penting. Makanya, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengimbau kepada para anggota keluarga, untuk saling mengingatkan dan tidak hanya mengandalkan pemerintah. Menurutnya, dengan jumlah masyarakat Gorontalo yang mencapai 1,2 juta penduduk, sudah seharusnya saling mengingatkan satu sama lain

“Ibu bapak sekalian, saya ini hanya gubernur, hanya satu lagi. Tidak mungkin mampu mengurus ibu bapak semua. Sudah cukup himbauan dari pemerintah. Saatnya peran keluarga yang diperlukan. Tolong saling mengingatkan, terus ingat bahwa corona ini belum selesai,” pinta Gubernur Rusli pada pelaksanaan Bakti Sosial dan pemberian bantuan pokok bersubsidi, di Kecamatan Taluditi, Kab. Pohuwato, Kamis, (23/7/2020).

Rusli juga menegaskan, saat ini Provinsi Gorontalo sudah masuk dalam tatanan kehidupan baru atau dikenal dengan new normal life. Namun normal di sini bukan berarti bahwa protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, dan sering cuci tangan tidak lagi dilaksanakan.

“Kita makin ke sini malah makin banyak yang terpapar. Sudah 600 (pasien) lebih. Padahal sudah tiga bulan ini kami terus bersosialisasi untuk memutus (penyebaran) corona. Kami hanya minta bapak ibu disiplin, mandiri. Tolong patuhi protokol kesehatan. Ke pasar jaga jarak. Tidak ada gunanya pakai masker tapi tidak jaga jarak. Begitu pula pelaksanaan pesta, sudah tidak pakai masker tidak jaga jarak lagi. Ini kalau sudah tidak patuh lagi, terus kita harus apa,” tanya Rusli ke masyarakat.