Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Penerapan Prokes di Gorontalo Tetap Jalan Meski Lepas dari Zona Merah

Dulohupa.id – Meski Provinsi Gorontalo telah lepas dari status zona merah penyebaran COVID-19, namun penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap harus dijalanakan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Mohamad Nasir Majid, bahwa konsistensi tetap menerapkan protokol kesehatan penting agar status tersebut dapat dipertahankan.

“Meskipun saat ini Gorontalo lepas dari zona merah kita harus tetap berhati-hati. Penerapan protkes harus tetap dijalankan, karena dari seluruh masyarakat itu pasti ada yang keluar daerah contohnya seperti kita anggota DPRD, kan tidak ada yang bisa menjamin kita tidak terpapar COVID, “ ujarnya.

Sejauh ini kata Nasir, bahwa tingkat kepedulian masyarakat desa terhadap penerapan protokol kesehatan masih sangat kecil. Sebab, memereka berpikir bahwa aktivitasnya berkutat di wilayah kecil. Sehingga penggunaan masker dan jaga jarak kemungkinan tidak akan diterapkan dengan baik. Hal tersebut kata dia berbeda dengan perkotaan yang tentu penerapan protokol kesehatan sudah terbilang baik.

“Saya liat memang beberapa tempat sudah menyiapkan protkes seperti di rumah makan. Adapun beberapa kabupaten yang masuk wilayah kota itu juga turut menerapkan,” jelasnya.

Saat ini DPRD Provinsi Gorontalo sedang mengejar pengesahaan untuk peraturan daerah (perda) yang kemudian akan di sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Gorontalo. Nantinya kata dia, setelah perda tersebut disahkan, akan disosialisasikan kepada masyarakat dibantu oleh TNI dan Polri.

“Penerapan Protkes juga dilakukan di lingkungan kantor DPRD Provinsi. Kalo untuk di kantor DPRD sendiri masiH menggunakan Protkes dan ada pengecekan juga untuk seperti di rapat paripurna itu wajib pakai masker dan lain-lain,” pungkasnya.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega