Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemprov Gorontalo Serahkan Dana Hibah Penanganan Covid-19 ke PMI Kabupaten-Kota

Dulohupa.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo pada Senin (20-04-2020), menyerahkan dana hibah penanganan penyebaran Covid-19 ke Palang Merah Indonesia (PMI) di masing-masing kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di rumah jabatan Gubernur.

Dalam sambutannya Rusli Habibie menjelaskan dana hibah yang diserahkan masing-masing sebesar Rp.50 juta akan digunakan dalam upaya penanganan penyebaran virus corona di Provinsi Gorontalo.

“Minggu lalu kami telah menerima dua surat dari ketua PMI Provinsi Gorontalo, dimana salah satu surat tersebut berisi permohonan tambahan anggaran untuk kegiatan PMI. Berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillaah telah kami alokasikan Rp. 1 miliar, untuk digunakan pada kegiatan pencegahan virus corona di Provinsi Gorontalo, termasuk honor para relawan, petugas kesehatan dan lain-lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Gubernur Gorontalo, selain dana hibah, Pemprov juga merencanakan memberikan 2000 buah alat rapid test ke PMI Gorontalo yang kemudian Rapid test tersebut akan diserahkan ke Dinas Kesehatan dan Puskesmas kabupaten-kota.

“Kami sudah sisihkan 2000 pcs rapid test. Tapi untuk rapid test tidak bisa kita serahkan ke PMI karena protapnya seperti itu, kecuali ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan kabupaten-kota. Tapi untuk PMI silahkan namanya, nanti yang akan melaksanakan rapid test itu adalah petugas kesehatan kita,” terangnya.

Sementara itu Ketua PMI Provinsi Gorontalo Ishak Liputo mengungkapkan, selama ini PMI Gorontalo telah melakukan penyemprotan disinfektan di 897 titik. Sementara itu pantauan awak Dulohupa.id ditempat yang sama juga dicanangkan juga aksi donor darah bagi ASN di Provinsi Gorontalo. Darah yang terkumpul selanjutnya akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah di Gorontalo. (Jebeng)