Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pemprov Gorontalo Menekankan Pada Kepatuhan dan Kedisiplinan Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Dulohupa.id – Rapat koordinasi dalam rangka persiapan wilayah perkotaan menyambut masyarakat produktif dan aman Covid-19 digelar hari ini, di Sekretarian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo, Jumat (19/6/2020). Rakor itu dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendi, dan diikuti oleh para gubernur dan wali kota seluruh Indonesia, termasuk Wakil Gubernur, Idris Rahim.

“Rakor ini sangat penting sebagai informasi dan gambaran bagi setiap daerah untuk menyiapkan langkah menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19,” kata Menko PMK Muhadjir Effendi.

Beberapa kota yang berstatus merah, diberikan kesempatan untuk menyampaikan langkah dalam mempercepat penanganan Covid-19, yakni Kota Palembang, Banjarmasin, Surabaya, dan Kota Makassar. Menko PMK mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi, seluruh daerah harus mulai bisa beradaptasi terhadap Covid-19 yang pandeminya belum diketahui kapan akan berakhir.

“Semua harus berupaya menuju tatanan hidup baru normal yang produktif dan aman Covid-19. Tentunya dengan tetap memperhatikan unsur kesehatan masyarakat sehingga tidak memperparah kondisi penularan Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim usai rakor tersebut menuturkan, dalam masa transisi tatanan hidup baru normal, Pemprov Gorontalo menekankan pada kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Terkait hal itu, Pemprov Gorontalo dan kabupaten/kota secara terus menerus memberikan sosialisasi dan edukasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh agama, tokoh adat, pemuda, dan lembaga kemasyarakatan.

“Kita menekankan pada kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Bapak Gubernur juga sebelumnya telah meminta bupati dan wali kota untuk berinovasi dalam menata pasar dan tempat pelayanan umum lainnya yang aman penularan Covid-19,” tutur Idris.

Pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim turut didampingi oleh LO BNPB Brigjen Pol (Purn) Oneng Subroto, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumarwoto, serta Pelaksana Tugas kepala Dinas Kesehatan Misranda Nalole