Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Perdana Pasca PSBB, Gubernur Gorontalo Salat Jumat Berjamaah

Dulohupa.id– Untuk pertama kalinya setelah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie terlihat melaksanakan salat jumat berjamaah di masjid. Bertempat di masjid Asyaidah, yang terletak tidak jauh dari rumah pribadinya, di Kelurahan Moodu, Kota Gorontalo, Rusli nampak duduk membaur bersama warga sekitar untuk melaksanakan salat jumat.

“Hari ini saya sangat berbahagia setelah koordinasi dengan para bupati dan walikota sudah bisa salat jumat di masjid. Tapi tetap mengikuti protokol kesehatan,” Ujar Rusli Habibie saat ditemui usai melaksanakan salat jumat berjamaah.

Pelaksanaan salat berjamaah di masjid Asyaidah sendiri terlihat tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Yakni, Mencuci tangan dengan sabun sebelum berwudhu, mewajibkan Jemaah menggunakan masker, menjaga jarak saf, hingga membuka pintu dan jendela masjid agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

“Kami wajibkan seluruh takmirul masjid untuk membuat surat pernyataan. Antara lain harus menjaga jarak juga protokol kesehatan lainnya seperti masker dan cuci tangan serta jangan terlalu penuh di dalam masjid,” tambah Rusli.

Saat ini menurut Rusli, hampir seluruh masjid di Gorontalo sudah melaksanakan salat dengan standar protokol kesehatan. Sedangkan bagi masjid yang tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan, maka akan dipertimbangkan untuk dilakukan penutupan kembali.

“Ketika mereka tidak ikut protokol kesehatan dan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan maka akan kami sarankan untuk di tutup kembali,” pungkasnya. (*/DP-02)